Efektivitas Konseling Kelompok CBT Dengan Teknik Islamic Self-Instruction Untuk Meningkatkan Self-Esteem Peserta Didik Di MA NU Ma’arif Kudus

Rahmawati, Kharisma Novita (2023) Efektivitas Konseling Kelompok CBT Dengan Teknik Islamic Self-Instruction Untuk Meningkatkan Self-Esteem Peserta Didik Di MA NU Ma’arif Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (867kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (513kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (650kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (589kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (357kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (420kB)

Abstract

Self-esteem merupakan suatu kemampuan individu dalam melakukan penilaian atau evaluasi dan penghargaan bagi diri sendiri yang berupa pemikiran dan perasaan terhadap diri sendiri. Pada usia remaja, individu akan mengalami perubahan self-esteem. Entah itu menjadi lebih positif atau negative. Hal ini dikarenakan semakin bertambahnya usia, individu menjadi lebih banyak mengalami berbagai peristiwa dalam kehidupannya. Perlu diingat bahwa tingkat self-esteem yang baik adalah self-esteem yang ideal. Jika individu memiliki tingkat self-esteem yang terlalu tinggi, dikhawatirkan nantinya, individu menjadi pribadi yang narsistik dan sombong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok CBT dengan teknik islamic self-instruction untuk meningkatkan self-esteem peserta didik di MA NU Ma’arif Kudus. Metode penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data ini menggunakan skala likert dengan menyebarkan angket kepada peserta didik kelas X MA NU Ma’arif Kudus. Populasi pada penelitian ini berjumlah 88 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 72 peserta didik. Melalui pengumpulan data menggunakan Uji T-test, diperoleh hasil sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dari pernyataan tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan konseling kelompok CBT dengan teknik islamic self-instruction untuk meningkatkan self-esteem peserta didik di MA NU Ma’arif Kudus dapat dikatakan efektif dan meningkat. Pada hasil uji descriptive statistic diperoleh hasil mean pre-test ekperimen sebanyak 89,47 kemudian pada post-test eksperimen diperoleh hasil mean sebanyak 106,81. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan self-esteem pada layanan yang diberikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAzmi, Khilman Rofi'UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok CBT, Teknik Islamic Self-Instruction, Self-Esteem
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:12
Last Modified: 20 Dec 2023 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11725

Actions (login required)

View Item View Item