Rohman, Mohammad Aenur (2023) Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Aqidah Ahlak Di Mts Islamic Centre Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (360kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (252kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (458kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (750kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (265kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (525kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (363kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Aqidah Ahlak kelas VIII di MTs Islamic Centre Bae Kudus. 2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstribusi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Ahlak di MTs Islamic Centre Bae Kudus. 3). Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh pada metode Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Ahlak kelas VIII di MTs Islamic Centre Bae Kudus. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara wawancara pada guru pengampu mata pelajaran Aqidah Ahlak dan wawancara pada siswa kelas VIII di MTs Islamic Centre sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa. 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti yang telah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numberd Head Together (NHT) di kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Ahlak, guru yang mengikuti dalam menyampaikan materi dengan menggunakan metode Numberd Head Together (NHT) karena metode tersebut telah membuktikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan bahwa siswa sangat bersemangat dalam pembelajaran dengan banyaknya siswa yang berani untuk berbicara dengan menjawab soal yang sudah di bagi oleh guru. 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstribusi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Ahlak di MTs Islamic Centre Bae Kudus pada tahun pelajaran 2022/2023 menunjukkan adanya konstribusi yang baik. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa kelas VIII pra test dan post test pada mata pelajaran Aqidah Ahlak mengalami peningkatan. Nilai post test menunjukkan lebih tinggi dari pre test yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara metode Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstribusi metode Numbered head Together (NHT) terhadap hasil belajar masuk dalam kategori “Baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Numbered Head Together Motivasi Belajar Siswa Pelajaran Aqidah | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 29 Dec 2023 01:19 | ||||||
Last Modified: | 29 Dec 2023 01:19 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11756 |
Actions (login required)
View Item |