Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Aqidah Ahlak Di Mts Islamic Centre Bae Kudus

Rohman, Mohammad Aenur (2023) Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Aqidah Ahlak Di Mts Islamic Centre Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (360kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (750kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (265kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (525kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Aqidah Ahlak kelas VIII di MTs Islamic Centre Bae Kudus. 2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstribusi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Ahlak di MTs Islamic Centre Bae Kudus. 3). Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh pada metode Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Ahlak kelas VIII di MTs Islamic Centre Bae Kudus. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara wawancara pada guru pengampu mata pelajaran Aqidah Ahlak dan wawancara pada siswa kelas VIII di MTs Islamic Centre sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa. 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti yang telah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numberd Head Together (NHT) di kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Ahlak, guru yang mengikuti dalam menyampaikan materi dengan menggunakan metode Numberd Head Together (NHT) karena metode tersebut telah membuktikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan bahwa siswa sangat bersemangat dalam pembelajaran dengan banyaknya siswa yang berani untuk berbicara dengan menjawab soal yang sudah di bagi oleh guru. 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstribusi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Ahlak di MTs Islamic Centre Bae Kudus pada tahun pelajaran 2022/2023 menunjukkan adanya konstribusi yang baik. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa kelas VIII pra test dan post test pada mata pelajaran Aqidah Ahlak mengalami peningkatan. Nilai post test menunjukkan lebih tinggi dari pre test yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara metode Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstribusi metode Numbered head Together (NHT) terhadap hasil belajar masuk dalam kategori “Baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasturin, MasturinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Numbered Head Together Motivasi Belajar Siswa Pelajaran Aqidah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:19
Last Modified: 29 Dec 2023 01:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11756

Actions (login required)

View Item View Item