Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbasis Komik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa XI MIA pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di MA NU Al-Hidayah Kudus

Irmayanti, Della Eka (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbasis Komik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa XI MIA pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di MA NU Al-Hidayah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (929kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAlB III.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAlB IV.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAlB V.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAlFTAlR PUSTAlKAl.pdf

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis komik pada materi sistem ekskresi manusia kelas XI MIA di MA NU Al-Hidayah Kudus (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis komik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI MIA pada materi sistem ekskresi manusia di MA NU Al-Hidayah Kudus.(3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis komik pada materi sistem ekskresi kelas XI MIA di MA NU Al-Hidayah Kudus Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan menggunakan kuantitatif dan desain penelitiannya yaitu nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI MA NU Al-Hidayah Kudus yang berjumlah 74 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas XI MIA 2 dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun data diambil dengan menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan tes berupa pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif. Data dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test dan uji N-gain. Hasil penelitian diperoleh bahwa berdasarkan respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis komik pada kriteria sangat baik didapat presentase 8%, siswa memberikan respon baik didapat presentase sebanyak 15%, siswa yang memberikan respon cukup didapat presentase sebanyak 67%, dan siswa yang memberikan presentase sangat kurang 10%. Hasil kemampuan berpikir kreatif siswa yang memiliki kriteria kemampuan berpikir kreatif sangat baik banyak terdapat di kelas eksperimen, sedangkan di kelas kontrol dari 26 siswa ada 5 siswa. sedangkan di kelas eksperimen dari 26 siswa ada 10 siswa. Pada kelas kontrol ada 2 siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif dengan kriteria cukip, sedangkan di kelas eksperimen tidak ada siswa. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent sample t-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,001, dengan nilai 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) < 0,05. Dengan demikian H1 diterima, artinya model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hasil uji N-gain diketahui bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model kooperatif tipe make a match disertai media komik sebesar 65,97% termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsyhari, AndiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Make a Macth, Media Komik, Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:00
Last Modified: 08 Jan 2024 02:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11794

Actions (login required)

View Item View Item