The Effectiveness of Using Media “Snakes and Ladders” Towards The Students’ Mastery in Speaking (A Case Study at Islamic Senior High School Jepara In The Academic Year Of 2022/2023)

Hidayati, Uli (2023) The Effectiveness of Using Media “Snakes and Ladders” Towards The Students’ Mastery in Speaking (A Case Study at Islamic Senior High School Jepara In The Academic Year Of 2022/2023). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. TITLE PAGE.pdf

Download (869kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (534kB)
[img] Text
3. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (373kB)
[img] Text
4. CHAPTER I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
5. CHAPTER II.pdf

Download (519kB)
[img] Text
6. CHAPTER III.pdf

Download (602kB)
[img] Text
7. CHAPTER IV.pdf

Download (649kB)
[img] Text
8. CHAPTER V.pdf

Download (463kB)
[img] Text
9. REFRENCES.pdf

Download (423kB)

Abstract

Studi ini tentang keefektifan penggunaan media “ular tangga” terhadap penguasaan siswa dalam berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media “Ular Tangga” terhadap penguasaan berbicara siswa kelas X MA Jepara. Berbicara pertama-tama diperlukan untuk memahami bahasa yang digunakan untuk menyampaikan maksud dan tujuan di antara mereka dan berbicara adalah keterampilan utama dalam komunikasi di mana orang harus memperhatikan perasaan, emosi, gagasan, dan keyakinan. Mereka perlu berbicara dengan jelas dan percaya diri untuk menarik perhatian audiens dengan memberikan pesan yang umum. Tetapi banyak siswa mendapat masalah ketika berbicara bahasa Inggris di MA Jepara. Mereka tidak tahu harus berkata apa, bingung dalam mengungkapkan pemikiran mereka tentang subjek, takut malu, dan mereka cenderung kurang menguasai kosa kata. Maka diperlukan strategi atau media yang menarik yang mendukung pembelajaran. Media menarik yang dibahas dalam penelitian ini adalah media Ular Tangga. Penggunaan media ini dapat mendorong semangat dan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran. Siswa dapat termotivasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara, sehingga mereka menguasai dalam berbicara. Studi ini menggunakan Pre-Experimental Design berupa One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA Jepara dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MA Jepara yang berjumlah 17 siswa. Peneliti mengumpulkan data dengan memberikan pretest dan posttest yang dirumuskan dalam bentuk tes lisan yang berisi tes berbicara. Data yang dikumpulkan melalui pretest dan posttest terlebih dahulu ditabulasikan dan dianalisis dalam persentase. Pengujian dihitung dengan menggunakan SPSS 25. Hasil dapat dilihat dari data yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis dan eksisting data, peneliti menyimpulkan bahwa hasil data pretest berisi 17 sampel dengan total nilai data 1045, rata-rata 61,47, minimal 45 dan maksimal 75. Hasil data posttest meliputi 17 sampel dan total nilai data 1430, dengan rata-rata 84,12, skor minimal 70 dan skor maksimal 95. Penggunaan media ular tangga berpengaruh positif terhadap penguasaan berbicara siswa di MA Jepara tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh thitung sebesar 7,11 dan ttabel sebesar 1,753, sehingga thitung > ttabel atau 7,11 > 1,753 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti hipotesis studi ini diterima. Selanjutnya dengan mengamati, siswa lebih aktif dan antusias berpartisipasi dalam proses pembelajaran menggunakan media dibandingkan dengan tanpa menggunakan media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSophya, Ida VeraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Berbicara, Media Ular Tangga, Keefektifan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:18
Last Modified: 08 Jan 2024 02:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11796

Actions (login required)

View Item View Item