Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Motivasi Sholat Dzuhur Berjamaah Kelas VIII MTs Tuan Sokolangu

Indriyani, Yana Novita (2023) Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Motivasi Sholat Dzuhur Berjamaah Kelas VIII MTs Tuan Sokolangu. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (479kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (432kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk 1. Motivasi sholat dzuhur berjamaah apada Peserta didik kelas VIII MTs Tuan Sokolangu, 2. Hasil dari layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan motivasi sholat dzuhur berjamaah Peserta didik kelas VIII MTs Tuan Sokolangu, 3. Keefektifan dari layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan motivasi sholat dzuhur berjamaah Peserta didik kelas VIII MTs Tuan Sokolangu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental designs. Populasi pada penelitian ini menggunakan kelas VIII-1 dengan jumlah 20 peserta didik. Peneliti mengambil sampel 7 Peserta didik dari kelas eksperimen. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling, yang mana proses pengambilan sampel berdasarkan hasil skors yang terendah pada nilai pretest. Setelah pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik self management pada Peserta didik, selanjutnya diberikan posttest untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak pada pemberian layanan dalam meningkatkan motivasi dalam sholat dzuhur berjamaah. Hasil penelitian melalui beberapa tahapan-tahapan pelaksanaan yaitu: Pertama, instrument yang berupa angket dengan 30 pernyataan yang dilakukan oleh 2 validator, dengan memperoleh hasil pernyataan hasil 30 pernyataan. Kedua, uji reliabilitas pada instrument yang memperoleh hasil 0,958 dengan rumus Cronbach’s Alpha dapat dikatakan reliabel. Ketiga, uji normalitas dengan rumus Shapiro wilk memperoleh hasil yaitu 0,487>0,05 dapat dikatakan normal. Keempat, uji homogenitas dengan rumus Levene’s Test memperoleh hasil yaitu 0,179>0,05 maka dapat dikatakan homogeny. Kelima, hasil uji sampel berpasangan memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 65,00 sedangkan nilai rata-rata posttest berdasarkan 105,14 Uji Paired Sample T-Test/ Uji T memperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,000, hal ini dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh hasil dari pretest dengan hasil nilai posttest dapat dikatakan efektif pada layanan konseling kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan motivasi pada Peserta didik kelasVIII MTs Tuan Sokolangu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyawan, David AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Self Management, Motivasi Sholat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:45
Last Modified: 08 Jan 2024 02:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11798

Actions (login required)

View Item View Item