Peningkatan Hasil Belajar Menulis Pantun Melalui Pendekatan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas V MI Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Nurmayanti, Tri (2023) Peningkatan Hasil Belajar Menulis Pantun Melalui Pendekatan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas V MI Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (951kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (668kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (524kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (901kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini adalah dengan pendekatan Kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Sejauh mana Peningkatan Hasil Belajar Menulis Pantun Melalui Pendekatan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas V MI Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Untuk mengetahuiadakah Peningkatan Hasil Belajar Menulis Pantun Melalui Pendekatan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas V MI Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Subyek populasi penelitian ini adalahseluruh siswa Kelas V MI Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus sebanyak 55 siswa.Data-data dikumpulkan dengan metode observasi, angket, dan dokumentasi.Setelah data-data terkumpul, dianalisis dengan teknik pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik dengan jenis penelitian korelasi. Hasil peneitian ini yaitu (1) Peningkatan Hasil Belajar Menulis Pantun Melalui Pendekatan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas V MI Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil pengujian statistik nilai rata-rata adalah 53,3 dari variabel independen (X) Pendekatan Model CTL (Contextual Teaching And Learning), termasuk dalam kategori “Cukup baik” pada interval 49-57.Sedangkan pengujian variabel dependen (Y) Hasil Belajar Menulis Pantun nilai rata-rata adalah 54,9 dari, diperoleh dari tabel termasuk dalam kategori “Cukup baik” pada interval 52-59. Pada perolehan nilai t hitung lebih besar dari t table (5,319>1,674), maka Ho ditolak dan Ha diterimaartinya secara parsial Peningkatan Hasil Belajar Menulis Pantun Melalui Pendekatan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas V MI Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat diterima. (2) Adakah Peningkatan Hasil Belajar Menulis Pantun Melalui Pendekatan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas V MI Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil uji simultan F nilai koefisien 15,820 signifikansi 0,000, hipotesis berbunyi Peningkatan Hasil Belajar Menulis Pantun Melalui Pendekatan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) terdapat hubungan yang kuat, positif dan searah dengan variable terikat Motivasi Belajar Siswa. Pada analisis regresi linear koefesien determinasi R2 besarnya 0,230. Maka, Peningkatan Belajar Menulis Pantun dijelaskan oleh Pendekatan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) sebesar 23% atau kontribusi variabel independen terhadap variasi (perubahan) pemahaman sistematis (Y) sebesar (100% - 23% = 77%) Variabel pemahaman sistematis (Y) bisa dijelaskan oleh variasi dari variabel independen, jadi sisanya sebesar 77% untuk Hasil Belajar Menulis Pantun Siswa dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfif, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model CTL (Contextual Teaching And Learning)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:50
Last Modified: 25 Jul 2024 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11849

Actions (login required)

View Item View Item