Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Miftahul Huda Jekulo Kudus

Asroriyah, Izza Ma’rifatul (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Miftahul Huda Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (569kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (491kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (681kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Miftahul Huda Jekulo Kudus; 2) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Miftahul Huda Jekulo Kudus ; 3) untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Miftahul Huda Jekulo Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design atau eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan cara pengambilan sampel menggunakan random sampling. Dalam penelitian ini melibatkan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas control. Instrument penelitian ini menggunakan pretest dan posttest bentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran fikih mendapatkan respon positif dari siswa dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fikih. Kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran CTL lebih tinggi dibanding siswa yang tidak menggunakan pembelajaran tersebut. 2) Terdapat pengaruh CTL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan uji t Dari perhitungan tersebut diperoleh 2,948 > 1,672 ( t-hitung > t-tabel) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil skor rata-rata ketuntasan indikator kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mencapai 81% berkriteria baik atau tinggi sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa dikelas control 73 % berkriteria cukup artinya kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis siswa di kelas control. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VIII MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus. Untuk peneliti selanjutnya, agar dapat mengembangkannya dengan menggunakan instrument tes lebih baik sehingga dapat diterapkan dikonsep lainnya untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSanusi, SanusiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Lerning, Berpikir kritis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:30
Last Modified: 05 Aug 2024 04:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11915

Actions (login required)

View Item View Item