Sa’adah, Nailis (2023) Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Karakter Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA tema Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV di MI Nabaul Ulum Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (352kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (325kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (837kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (223kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (489kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (372kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Perencanaan penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan karakter kreatif siswa pada pembelajaran IPA tema sifat-sifat cahaya kelas IV di MI Nabaul Ulum Pati. (2) Pelaksanaan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan karakter kreatif siswa pada pembelajaran IPA tema sifat-sifat cahaya kelas di IV MI Nabaul Ulum Pati. (3) Hasil model pembelajaran STAD untuk meningkatkan karakter kreatif siswa pada pembelajaran IPA tema sifat-sifat cahaya kelas IV di MI Nabaul Ulum Pati. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif yaitu dimana peneliti studi langsung ke lapangan untuk mendapatkan data yang mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala madrasah, guru kelas IV, dan peserta didik. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik credibility, transferability, confermability. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan karakter kreatif siswa pada pembelajaran IPA tema sifat-sifat cahaya kelas IV di MI Nabaul Ulum Pati direncanakan sebelum pembelajaran dimulai. Perencanaan dalam penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Diviosions) dilakukan mulai dari menentukan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pelajaran, topik yang akan disampaikan serta model pembelajaran yang akan digunakan. (2) Pelaksanaan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan karakter kreatif siswa pada pembelajaran IPA tema sifat-sifat cahaya kelas IV di MI Nabaul Ulum Pati, guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan percobaan eksperimen yang dilakukan secara berkelompok. Hal ini sangat membantu kinerja siswa untuk dapat meningkatkan karakter kreatif pada pembelajaran IPA. (3) Hasil model pembelajaran STAD untuk meningkatkan karakter kreatif siswa pada pembelajaran IPA tema sifat-sifat cahaya kelas IV di MI Nabaul Ulum Pati dapat merangsang aktivitas siswa untuk mengemukakan pendapat, ide, dan gagasan dalam pembelajaran sehingga terbentuklah karakter kreatif siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Karakter Kreatif, Model Pembelajaran STAD | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2024 08:13 | ||||||
Last Modified: | 08 Aug 2024 08:13 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11923 |
Actions (login required)
View Item |