Salma, Septy Nadia (2023) Implementasi Metode Pembelajaran Gilingham dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Tema Membaca dan Menulis Siswa Kelas I di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (445kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (513kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (644kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (898kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (530kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (368kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (553kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Metode Pembelajaran Gilingham dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Tema Membaca dan Menulis Siswa Kelas I di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kudus, 2) Kelebihan Metode Pembelajaran Gilingham dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Tema Membaca dan Menulis Siswa Kelas I di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kudus, 3) Kekurangan Metode Pembelajaran Gilingham dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Tema Membaca dan Menulis Siswa Kelas I di MI NU Miftahul Ulum Karangampel Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reserch). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara kepada kepala madrasah, guru kelas IA, dan peserta didik kelas IA dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, implementasi metode pembelajaran Gillingham dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada tema membaca dan menulis yaitu melalui tiga tahapan, tahapan pertama guru membuat RPP, tahapan kedua pelaksanaan metode gillingham, dan tahapan ketiga evaluasi. Adapun langkah implementasi metode gilingham yaitu guru mengucapkan salam, menanyakan kabar, absensi, menyampaikan tujuan pembelajaran, selanjutnya guru menyampaikan materi berkaitan dengan membaca dan menulis, kemudian guru mengenalkan huruf abjad A-Z melaui media kartu huruf, lalu setelah siswa mengenal bentuk huruf guru menyuruh siswa menuliskan huruf abjad A-Z menjadi sebuah kata atau kalimat sederhana. Setelah siswa menerapkan membaca dan menulis kata atau kalimat sederhana guru memberikan evaluasi dan penugasan kepada siswa, evaluasi tersebut berupa tambahan jam belajar siswa setelah pulang sekolah selama 15 menit bagi siswa yang masih kurang dalam hal membaca dan menulis, selain itu juga diberikan penugasan berlatih membaca dan menulis yang kemudian nanti dievaluasi kembali oleh guru. Kedua, dalam mengimplementaskan metode pembelajaran gilingham terdapat kelebihan yaitu siswa menguasai teknik membaca dan menulis, pembelajaran menyenangkan, memperkuat ingatan siswa. Ketiga, kekuragan dari metode gilingham yaitu membosankan, membutuhkan waktu, tenaga, dan konsentrasi yang lebih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Gilingham, Membaca dan Menulis, Pembelajaran Bahasa Indonesia | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2024 08:24 | ||||||
Last Modified: | 08 Aug 2024 08:24 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11926 |
Actions (login required)
View Item |