Minat Beli Produk Pada TikTok Shop: Peran Dimensi Electronic Word Of Mouth Pada Generasi Z

Sa’diyah, Dio Khalimatus (2023) Minat Beli Produk Pada TikTok Shop: Peran Dimensi Electronic Word Of Mouth Pada Generasi Z. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (585kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu, pertama mengetahui kualitas E-WOM berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen. Kedua, mengetahui jumlah E-WOM berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen. Ketiga, memahami kredibilitas sumber E-WOM berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen. Keempat, menjelaskan keahlian penyedia informasi berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen. Studi Penelitian pada Mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan pendekatan positivisme. Adapun jumlah sampel sebanyak 110 responden, yang diambil dengan teknik purposive sampling melalui kuesioner di google form. Peneliti menggunakan teknik analisis regresi dengan basis Ordinary Least Square menggunakan alat bantu SPSS 26.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) kualitas e-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen generasi Z di Kabupaten Kudus pada TikTok Shop, hal ini menunjukkan bahwa e-WOM yang berkualitas seringkali memiliki elemen emosional yang kuat, (2) Jumlah e-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen generasi Z di Kabupaten Kudus pada TikTok Shop, hal ini berarti bahwa jika konsumen melihat banyak ulasan positif atau rekomendasi dari pengguna lain, hal ini dapat membangun kepercayaan sosial, (3) Kredibelitas sumber e-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen generasi Z di Kabupaten Kudus pada TikTok Shop, konsumen cenderung lebih mempercayai ulasan atau rekomendasi yang berasal dari sumber yang dianggap kredibel, (4) Keahlian penyedia informasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen generasi Z di Kabupaten Kudus pada TikTok Shop, hal ini berarti bahwa keahlian penyedia informasi memungkinkan mereka memberikan rekomendasi yang lebih terarah dan tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen. Saran pada penelitian ini, Pelaku usaha yang memasarkan produknya di TikTok Shop dapat meningkatkan kualitas eWOM yang dihasilkan oleh konsumen mereka. Ini dapat dilakukan dengan memastikan produk atau layanan yang berkualitas, memberikan pengalaman positif kepada konsumen, dan mendorong konsumen untuk memberikan ulasan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupriyanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-WOM, TikTok Shop, Generasi Z, Perilaku Konsumen, Minat Beli
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:35
Last Modified: 08 Aug 2024 08:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11929

Actions (login required)

View Item View Item