Ernisa, Nina (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kerjasama Siswa Kelas VIII Mts Al Irsyad Gajah Demak Pada Mata Pelajaran IPS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (289kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (493kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (550kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (770kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (544kB) |
|
Text
08. ABSTRAK.pdf Download (281kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah (1) Untuk mengetahui sikap kerjasama siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak sebelum dan setelah digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Think pair share, (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think pair share terhadap sikap kerjasama siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Non equivalent control group design dengan satu macam perlakuan serta terdapat dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Pengambilan sampel berdasarkan teknik probability sampling tipe cluster sampling, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas memiliki jumlah 32 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Variabel terikat pada penelitian ini adalah sikap kerjasama siswa. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan uji Paired Sample test dan t-test of independen (Uji t sampel independen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) uji paired sampel test memperoleh Sig. sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ha di terima dan Ho ditolak. Maka adanya perbedaan sikap kerjasama siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak sebelum dan setelah digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Think pair share dikelas eksperimen pada materi kondisi masyarakat pada masa penjajahan. Perbedaan terletak pada sikap kerjasama, keaktifan, kolaboratif dan tanggungjawab siswa lebih baik setelah penggunaan model pembelajaran. (2) uji t-test of independen (Uji t sampel independen) memperoleh Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ha di terima dan Ho ditolak. Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap sikap kerjasama siswa kelas VIII MTs Al Irsyad
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Sikap Kerjasama | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:51 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:51 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11969 |
Actions (login required)
View Item |