Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kerjasama Siswa Kelas VIII Mts Al Irsyad Gajah Demak Pada Mata Pelajaran IPS

Ernisa, Nina (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kerjasama Siswa Kelas VIII Mts Al Irsyad Gajah Demak Pada Mata Pelajaran IPS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (550kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (770kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (544kB)
[img] Text
08. ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah (1) Untuk mengetahui sikap kerjasama siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak sebelum dan setelah digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Think pair share, (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think pair share terhadap sikap kerjasama siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Non equivalent control group design dengan satu macam perlakuan serta terdapat dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Pengambilan sampel berdasarkan teknik probability sampling tipe cluster sampling, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas memiliki jumlah 32 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Variabel terikat pada penelitian ini adalah sikap kerjasama siswa. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan uji Paired Sample test dan t-test of independen (Uji t sampel independen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) uji paired sampel test memperoleh Sig. sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ha di terima dan Ho ditolak. Maka adanya perbedaan sikap kerjasama siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak sebelum dan setelah digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Think pair share dikelas eksperimen pada materi kondisi masyarakat pada masa penjajahan. Perbedaan terletak pada sikap kerjasama, keaktifan, kolaboratif dan tanggungjawab siswa lebih baik setelah penggunaan model pembelajaran. (2) uji t-test of independen (Uji t sampel independen) memperoleh Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ha di terima dan Ho ditolak. Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap sikap kerjasama siswa kelas VIII MTs Al Irsyad

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmawati, NoorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Sikap Kerjasama
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:51
Last Modified: 14 Aug 2024 03:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11969

Actions (login required)

View Item View Item