Azizah, Noor (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII Di MTs NU Assalam Tanjungkarang Kudus T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (988kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (352kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (566kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (558kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (742kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (537kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (665kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (275kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (428kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan hasil belajar akidah akhlak antara kelas yang menggunakan model pebelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan yang menggunakan metode konvensional, 2) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah quasi experimental design menggunakan jenis nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs NU Assalam Tanjungkarang Kudus. Terpilih sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional dan kelas IX F sebagai kelas uji coba instrumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal dan essay 5 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitas, dan dari perhitungan tes hasil belajar terdapat 25 soal valid dan 5 soal tidak valid. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick yaitu 88,35 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol dengan metode konvensional yaitu 75,65. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,7299 > 2,000 pada taraf α = 0,05, sehingga bunyi hipotesisnya diterima yaitu ada keefektivan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran Akidah Akhlak peserta didik kelas VIII MTs NU Assalam Tanjungkarang Kudus tahun ajaran 2022/2023 dan data yang diperoleh signifikan. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick dengan yang tidak menggunakan model Talking Stik, hal ini dibuktikan juga dari hasil uji N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,77 dengan kriteria tinggi dan 77% dalam kategori efektiv.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, Hasil Belajar, Akidah Akhlak | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2024 07:15 | ||||||
Last Modified: | 18 Sep 2024 07:15 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12027 |
Actions (login required)
View Item |