Pengembangan Pop-Up Book Berbasis Problem Solving pada Materi Pencemaran Lingkungan Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di MTs Manba’ul Uum Kudus

Febriyanti, Rosa (2023) Pengembangan Pop-Up Book Berbasis Problem Solving pada Materi Pencemaran Lingkungan Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di MTs Manba’ul Uum Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-katapengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (412kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)

Abstract

Pencemaran lingkungan mencerminkan kurang harmonisnya hubungan antara lingkungan alam dengan manusia. Materi pencemaran lingkungan memiliki ruang lingkup yang luas untuk dipahami dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Problem Solving adalah sebuah model pembelajaran yang berfokuskan pada kemampuan berpikir kreatif. Siswa saat dihadapkan dengan pertanyaan, maka siswa akan memecahkan masalah dengan cara berpikir tanpa menghafal sehingga dapat mengasah kemampuan berpikirnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis prosedur pengembangan Pop- Up Book Berbasis Problem Solving pada materi pencemaran lingkungan berorientasi kemampuan berpikir kreatif siswa Di MTs Manba’ul Ulum Kudus 2) Menganalisis kelayakan pengembangan Pop- Up Book Berbasis Problem Solving pada materi pencemaran lingkungan berorientasi kemampuan berpikir kreatif siswa Di MTs Manba’ul Ulum Kudus 3) Mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan pengembangan Pop- Up Book Berbasis Problem Solving pada materi pencemaran lingkungan berorientasi kemampuan berpikir kreatif siswa Di MTs Manba’ul Ulum Kudus. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Researh and Development) dengan model Borg and Gall dari sepuluh tahap model penelitian dan pengembangan peneliti hanya menggunakan tujuh untuk mengefisienkan waktu penelitian. Soal pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dianalisis menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Hasil penelitian ini berupa 1) Proses pengembangan Pop-Up Book berbasis Problem Solving pada materi pencemaran lingkungan berorientasi kemampuan berpikir kreatif siswa Di MTs Manba’ul Ulum Kudus yaitu dimulai tahap perencanaan yaitu mendesain media Pop-Up Book. Tahap selanjutnya adalah membuat media dengan menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, memvalidasikan media ke ahli materi dan media. Tahap terakhir merevisi media setelah divalidasikan ke ahli media, ahli materi, guru pendidik dan siswa. 2) Kelayakan pengembangan Pop-Up Book berbasis Problem Solving pada materi pencemaran lingkungan berorientasi kemampuan berpikir kreatif siswa Di MTs Manba’ul Ulum Kudus yaitu memiliki kualitas layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan uji skala kecil memperoleh presentase 84% dengan kategori “Sangat baik” dan uji skala besar memperoleh presentase 85% dengan kategori “Sangat baik”. 3) Hasil analisis kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu skor tertinggi pada aspek originalitas dengan nilai N-Grain 1, kedua aspek berpikir lancar dengan nilai N-Grain 0,7, ketiga aspek berpikir luwes, dan terakhir aspek elaborasi memperoleh nilai N-Grain 0,3 dalam kategori sedang pada penelitian. Diperoleh N- Grain 0,327 yang berada pada taraf sedang yaitu( 0,3 ≤ g ≤ 0,7).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Faiq MakhdumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pencemaran Lingkungan, Pop-Up Book Berbasis Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:04
Last Modified: 24 Sep 2024 04:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12065

Actions (login required)

View Item View Item