Peran Kepala Madrasah sebagai Leader dan Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Bae Kudus

Anshori, Moh Sholihul (2023) Peran Kepala Madrasah sebagai Leader dan Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (284kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (855kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan kepada kepala madrasah dalam melaksanakan peranya sebagai seorang leader dan supervisor dalam rangka meningkatkan kompetensi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dan Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Bae Kudus dan Untuk Mengetahui Hambatan Yang Dihadapi Kepala Madrasah Sebagai Leader dan Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Bae Kudus. Adapun penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu kepala madrasah, guru, peserta didik di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Bae Kudus. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku kepustakaan, dan data dokumentas, teknik pengambilan sumber data menggunakan teknik Purposive Sampling, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yaitu melalui data reduksi (reduksi data), data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan (verivication). Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi guru, kemampuan dalam berkomunikasi, kemampuan dalam menentukan kebijakan, menerima pendapat atau saran, memberikan teladan, memberikan motivasi, arahan, bimbingan, dan kemampuan memahami kondisi dan karakteristik para tenaga pendidik. 2) Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi guru, melalui program supervisi, melakukan evaluasi berkala, melakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi, koordinasi yang baik, kemampuan memberikan layanan konsultasi, dan kemampuan membagi tugas kepada tenaga pendidik sesuai dengan kemampuanya. 3) Hambatan yang dihadapi kepala madrasah sebagai leader dan supervisor dalam meningkatkan kompetensi guru, kedisiplinan guru yang kurang, sarana dan prasarana pembelajaran terbatas, dan latar belakang pendidikan guru yang tidak sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofiaturrahmah, FifiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, Leader, Supervisor
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:19
Last Modified: 25 Sep 2024 08:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12087

Actions (login required)

View Item View Item