Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi di MA Darul Ulum Jepara

An Nidhof, Mutiara Aulia (2023) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi di MA Darul Ulum Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (738kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (746kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (509kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (256kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal penting dalam mencapai peningkatan kualitas serta kemampuan seseorang. Maka dari itu, pendidikan sangat dibutuhkan oleh semua manusia. Untuk mengetahui adanya peningkatan pengetahuan maupun kualitas seseorang dapat digunakan sebuah aplikasi sebagai inovasi untuk dilakukannya evaluasi pembelajaran. Guru harus berinisiatif untuk mengembangkan suatu alat evaluasi agar tidak muncul lagi suasana membosankan saat pembelajaran sedang berlangsung. Salah satu dari banyaknya aplikasi sebagai alat evaluasi yang bisa digunakan untuk mengevaluasi siswa adalah aplikasi kahoot. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi kahoot sebagai alat evaluasi, untuk mengetahui minat belajar siswa setelah menggunaan aplikasi kahoot sebagai alat evaluasi, serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi kahoot terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre experiment yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Bentuk dari desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test one group degign. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi kahoot pada kegiatan belajar mengajar mata pelajaran biologi di kelas x MA Darul Ulum Jepara tergolong sangat baik yang memiliki rata-rata persentase 79,26%. Rata-rata tingkat minat belajar siswa kelas X MA Darul Ulum sebelum digunakannya aplikasi kahoot yaitu 62,4 (tinggi) sedangkan setelah digunakan aplikasi kahoot meningkat menjadi 79,7 (tinggi), serta minat belajar terhadap penggunaan kahoot memperoleh rata-rata sebesar 86,61 (sangat tingkat). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Pengunaan alat evaluasi aplikasi kahoot dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X MA Darul Ulum Jepara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMelisa, Atika OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Alat Evaluasi, Kahoot dan Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:12
Last Modified: 26 Sep 2024 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12100

Actions (login required)

View Item View Item