Nisa, Laila Khoirotun (2023) Kesesuaian Profil Pelajar Pancasila dalam Buku My Next Words Kurikulum Merdeka SD/MI Kelas 1. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (368kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (373kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (785kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (557kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (497kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (739kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (369kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (479kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian profil pelajar Pancasila dalam buku teks Bahasa inggris my next words karya EYLC Team kemendikbud kurikulum merdeka SD/MI kelas satu serta untuk mengetahui bagaimana relevansi profil pelajar Pancasila dalam buku teks Bahasa inggris my next words karya EYLC Team kemendikbud kurikulum merdeka SD/MI kelas satu dengan Pendidikan dasar saat ini dengan buku pendamping buku teks utama Bahasa inggris yang berjudul Media Penilaian Autentik Bahasa Inggris 1 untuk Kelas 1 SD/MI. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini ialah buku teks bahasa inggris kelas satu SD/MI yang berjudul My Next Words terhadap kesesuaian profil pelajar Pancasila dengan buku pendamping buku teks utama Bahasa inggris yang berjudul Media Penilaian Autentik Bahasa Inggris 1 untuk Kelas 1 SD/MI. Sumber data primer penelitian adalah buku teks bahasa inggris kelas satu SD/MI yang berjudul My Next Words sedangkan sumber data sekunder adalah buku tentang kurikulum merdeka, profil pelajar Pancasila dengan capaian pembelajaran mata pelajaran Bahasa inggris, panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila, buku pendamping buku teks utama Bahasa inggris yang berjudul Media Penilaian Autentik Bahasa Inggris 1 untuk Kelas 1 SD/MI, dan artikel-artikel dari jurnal ilmiah yang relevan dengan sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Implementasi kurikulum merdeka menimbulkan perubahan yang sangat terasa signifikan di sekolah dimana pendidik dapat lebih fleksibel untuk berkreasi dalam proses mengajar dan dapat dilaksanakan dengan semaksimal mungkin, serta lebih mengetahui minat, bakat, kebutuhan dan kemampuan siswa-siswinya. Menumbuhkan profil pelajar Pancasila dapat dilakukan sejak dini, yaitu sejak siswa masih duduk dibangku kelas satu SD/MI. Salah satu cara adalah melalui mata pelajaran Bahasa inggris dengan menggunakan buku teks bahasa inggris kelas satu SD/MI yang berjudul My Next Words dan buku pendamping buku teks utama Bahasa inggris yang berjudul Media Penilaian Autentik Bahasa Inggris 1 untuk Kelas 1 SD/MI karya Tiga Serangkai Pustaka Mandiri yang telah disesuaikan dengan enam elemen profil pelajar Pancasila, yaitu: Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, Gotong royong, Bernalar kritis, serta Kreatif. Dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila, satu sama lain saling berkaitan dan menguatkan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, harus dilalukan secara bersamaan tidak parsial. Keenam dimensi tersebut adalah: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Berkebhinekaan global. Bergotong royong. Mandiri. Bernalar kritis. Kreatif. Dalam hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang Relevansi kesesuaian profil pelajar Pancasila dengan Pendidikan dasar melalui buku teks bahasa Inggris My Next Words Kelas Satu SD/MI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, My Next Words, Profil Pelajar Pancasila | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2024 03:40 | ||||||
Last Modified: | 26 Sep 2024 03:40 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12109 |
Actions (login required)
View Item |