Lestari, Sri Putri (2023) Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Anak Usia Dini dengan Metode Qiro’ati: Studi Kasus di Sebuah TK Islam di Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (141kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (195kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (94kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (931kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (75kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
Abstract
Skripsi ini ditulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an anak usia dini dengan metode qiro’ati dan mengkaji kelebihan serta kendala pelaksanaannya. Penilitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an anak usia dini. Metode qiro’ati merupakan salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an yang memungkinkan anak usia dini mempelajari Al-Qur’an dengan benar, tepat dan tartil sesuai kaidah ilmu tajwid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah anak usia dini kelompok B (besar) TKIT Umar Bin Khathab Kudus yang berjumlah dua kelas jilid qiro’ati. Sedangkan sumber data yang diperoleh berasal dari guru pengajar jilid qiro’ati yang mengajar di kelas kelompok Ramah dan Dermawan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara pengumpulan data, merangkum data dengan memilih hal-hal pokok yang penting, menyajikan data dengan teks yang bersifat naratif, kemudian yang terakhir menarik kesimpulan untuk memperoleh hasil penelitian yang sesuai dengan fokus penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an anak usia dini dengan metode qiro’ati: studi kasus di sebuah TK Islam di Kudus dengan pembelajaran Al-Qur’an yang dipraktikkan langsung oleh siswa-siswi setelah sebelumnya guru memberikan materi dan contoh dengan alat peraga secara klasikal. Kemudian siswa-siswi ditunjuk untuk membaca secara bergantian pada alat peraga. Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an anak usia dini dengan metode qiro’ati ini memiliki kelebihan dengan adanya media yaitu alat peraga dan buku jilid qiro’ati, buku gambar, buku tulis, alat permainan edukatif. Selain itu, pembelajaran Al-Qur’an juga didukung dengan kualitas pengajar yang sudah berkompeten, dan adanya standar aturan baku di metode qiro’ati. Sedangkan kendala dalam pelaksanaannya diantaranya yaitu terbatasnya tenaga pengajar qiro’ati, keterbatasan pemahaman orang tua tentang kemungkinan perbedaan pencapaian anak dan ketidakkonsistenan guru dalam menerapkan aturan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Membaca Al-Qur’an, Metode Qiro’ati, Anak Usia Dini | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2024 08:21 | ||||||
Last Modified: | 07 Oct 2024 08:21 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12226 |
Actions (login required)
View Item |