Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Dengan Akad Mudharabah Muthlaqah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah.

Raunaqa, Yoga (2023) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Dengan Akad Mudharabah Muthlaqah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (634kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (611kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (708kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan haji dengan akad mudhrabah muthlaqah dalam meningkatkan jumlah nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Jepara Pemuda 1, serta Kendala apa yang dihadapi saat memasarkan produk tabungan haji dengan akad mudharabah muthlaqah dan bagaimana solusi yang digunakan untuk menghadapai kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif sumber data diperoleh melalui data primer (berkaitan dengan subjek penelitian) dan data sekunder (berkaitan dengan literatur yang berhubungan dengan subjek penelitian). Objek penelitian ini adalah Bank Syariah Indonesia KCP Jepara Pemuda 1 dan subjeknya adalah branch manager dan marketing Bank Syariah Indonesia KCP Jepara Pemuda 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. setelah data terkumpul, data analisis dengan mereduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Jepara Pemuda 1 dalam memasarkan produk tabungan haji dengan akad mudharabah muthlaqah untuk meningkatkan jumlah nasabah menggunakan strategi STP (Segmenting, Targeting, Postitioning), dan juga unsur bauran pemasaran (Marketing Mix) 7P yang terdiri dari strategi product (produk), strategi price (harga), strategi promotion (promosi), strategi place (tempat), strategi people (orang), strategi process (proses), dan strategi phixical evidence (bukti fisik). Dari bauran pemasaran (Marketing Mix) 7P yang digunakan yang paling berpengaruh adalah strategi product (produk), strategi price (harga), strategi promotion (promosi), strategi physical evidence (bukti fisik). Adapun kendala yang dihadapi adalah persaingan antar lembaga keuangan, terjadi offline dari kantor pusat, minimnya pengetahuan masyarakat tentang tabungan haji, dan kurangnya kantor cabang dan sumber daya manusia (SDM). Solusi dalam mengatasi kendala tersebut adalah melakukan kerja sama dengan kantor kemenag Jepara, menambah sumber daya manusia (SDM) nya, lebih meningkatkan sosialisasi ke masyarakat tentang tabungan haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, UmmaUNSPECIFIED
Thesis advisorRumanto, AgepUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Tabungan Haji, Meningkatkan Jumlah Nasabah
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Oct 2024 07:05
Last Modified: 09 Oct 2024 07:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12269

Actions (login required)

View Item View Item