Pramesti, Juwita Ayu (2023) Peran Guru dalam Penanaman Nilai Moderasi Beragama pada Siswa Kelas V SD 3 Barongan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (344kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (568kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (819kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (827kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (419kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (383kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai moderasi beragama pada siswa kelas V di SD 3 Barongan Kudus. Untuk mengetahui implementasi nilai moderasi beragama pada siswa kelas V di SD 3 Barongan Kudus. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai moderasi beragama pada siswa kelas V di SD 3 Barongan Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu melakukan penelitan langsung pada objek yang diteliti untuk mengamati lebih dekat hal-hal yang ada hubungannya dengan masalah dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Peran guru dalam menanamkan nilai moderasi beragama pada siswa kelas V di SD 3 Barongan Kudus meliputi guru sebagai conservator, sebagai innovator, guru sebagai transmitter, guru sebagai transformator, sebagai organizer. Implementasi nilai moderasi beragama pada siswa kelas V di SD 3 Barongan Kudus meliputi implementasi di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran. Di dalam pembelajaran, guru menerapkan nilai-nilai moderasi beragam melalui beragam metode pembelajaran, antara lain metode diskusi dan metode kerja kelompok. Di luar pembelajaran, guru menerapkan nilai-nilai moderasi beragam melalui pembiasaan dan keteladanan. Faktor pendukung dalam menanamkan nilai moderasi beragama pada siswa kelas V di SD 3 Barongan Kudus antara lain guru yang memiliki kapasitas diri dan pengalaman yang sangat mendukung untuk membangun moderasi beragama. Faktor pendukung selanjutnya yaitu lingkungan masyarakat. Apresiasi lingkungan sekitar dan wali murid yang selaku warga setempat sangat mendukung terhadap kegiatan sekolah. Faktor penghambat dalam menanamkan nilai moderasi beragama pada siswa kelas V di SD 3 Barongan Kudus yaitu perkembangan teknologi informasi yang memungkinkan penyebaran informasi sehingga hal itu berpengaruh pada pola pikir generasi muda dan dikhawatirkan munculnya perspektif truth claim atau klaim pembenaran sebuah paham pada pola pikir pada generasi muda. Bentuk nilai moderasi beragama pada siswa kelas V di SD 3 Barongan Kudus berupa nilai tawassuth (bersikap tengah), tawazun (seimbang), i‟tidâl (lurus dan tegas), tasamuh (toleransi), musawah (egaliter)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Penanaman Nilai Moderasi Beragama | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2024 08:01 | ||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 08:01 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12275 |
Actions (login required)
View Item |