Kumala, Sri Endah Ayu (2023) Implementasi Konseling Online Berbagicerita.Id Dalam Membantu Mengatasi Permasalahan Penggunanya. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (311kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (441kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (256kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (919kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (206kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
Abstract
Konseling online menjadi alternatif dalam pelaksanaan konseling pada era digital dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Di Berbagicerita.id ini memiliki layanan konseling online yang bisa diakses untuk masyarakat yang merasa butuh bantuan konseling secara online untuk mengatasi permasalahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan pengguna konseling online di Berbagicerita.id, mengetahui bagaimana implementasi konseling online di Berbagicerita.id dan mengetahui hambatan pelaksanaan konseling online di Berbagicerita.id dalam membantu mengatasi permasalahan penggunanya. Penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) kemudian metode pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang dimana pengambilan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beragam permasalahan yang dialami oleh pengguna konseling di Berbagicerita.id seperti: permasalahan keluarga, permasalahan pekerjaan, permasalahan pribadi dan sosial. Dalam proses pelaksanaan konseling online sangat mudah dan efektif. Media yang digunakan saat konseling online dapat dilakukan melaui google meeting atau intagram. Untuk layanan yang di berikan Berbagicerita.id ada layanan konseling gratis, layanan konseling premium dan psikoedukasi. Pada proses tahapan konseling di Berbagicerita.id terdapat tiga tahapan dalam proses koneling yaitu: 1) Tahap persiapan (menyiapkan laptop, kumputer, telephone dan koneksi internet), 2) Tahap proses konseling (pengantaran, penjajakan, penafsiran, pembinaan dan penilaian), 3) Tahap pasca konseling (klien memberikan feedback selama proses konseling). Hamabatan dalam konseling di Berbagicerita terkendalanya jaringan, suasana yang tidak kondusif, dan kurang ekpresif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Konseling Online Berbagicerita.id, Pemanfaatan teknologi bagi konseling | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2024 08:44 | ||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 08:44 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12288 |
Actions (login required)
View Item |