Meta-Analisis Kualitatif Penggunaan Teknologi pada Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia

Safitroh, Muhammad Nur Alam (2023) Meta-Analisis Kualitatif Penggunaan Teknologi pada Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (962kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB)

Abstract

Realitas penggunaan teknologi PAI di Indonesia masih kurang maksimal dan merata, SDM guru terbatas dalam menggunakan teknologi serta penggunaan teknologi PAI sering monoton, sehingga perlu adanya pembaruan penggunaan teknologi bagi Guru agar meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketegori teknologi yang digunakan dalam riset pembelajaran PAI dalam kurun waktu 10 tahun terakhir agar ditemukan konklusi penelitian terbaru tentang teknologi pembelajaran PAI, tujuan utama riset penggunaan teknologi pembelajaran PAI dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, serta rekomendasi dalam studi riset tersebut. Metode penelitian yang digunakan berbasis Meta-Analisis kualitatif dengan menggunakan software VOSviewer. Sumber data berasal dari 15 artikel ilmiah yang telah disaring peneliti melalui pmesin pencarian google scholar. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif dengan cara mengklasifikasikan kode pada jurnal yang dianalisis berdasarkan tujuan penelitian, metodologi, hasil dan rekomendasi. Berdasarkan hasil analisis peneliti berhasil mendeskripsikan bahwa pertama, kategori penelitian tentang teknologi pembelajaran PAI 10 tahun terakir yang sering digunakan adalah software computer, E-Learning, Blanded Learning, perpustakaan digital. Kedua, tujuan utama penggunaan teknologi dalam pembelajaran PAI yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, uji coba teknologi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Ketiga, metodologi yang sering digunakan dalam penelitian tentang teknologi pembelajaran PAI 10 tahun terakhir adalah kualitatif, hasil penelitian pada umumnya menunjukkan hasil yang positif dan dapat meningkatkan pembelajaran PAI, dengan rekomendasi penelitian berupa manajemen waktu dan inovasi teknologi berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbid, NuskhanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ICT, Teknologi, PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2024 07:03
Last Modified: 10 Oct 2024 07:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12332

Actions (login required)

View Item View Item