Iklima, Iklima (2023) تطبيق البيئة اللغوية لتطوير مهارة الكلام للطلاب في معهد العصري الشفاء محمدية مايونغ جفارا. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover- Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak. pdf.pdf Download (692kB) |
|
Text
3. Daftar Isi ..pdf Download (372kB) |
|
Text
4. BAB I. pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II. pdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
6. BAB III. pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV. pdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
8. BAB V. pdf.pdf Download (897kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka. pdf.pdf Download (565kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui strategi penerapan lingkungan bahasa di pondok pesantren modern Asy-Syifa’ Muhammadiyah Mayong Jepara 2). Mengetahui pelaksanakan kegiatan lingkungan bahasa di pondok pesantren modern Asy-Syifa’ Muhammadiyah Mayong Jepara, 3). Mengetahui faktor pendukung dan penghambat lingkungan bahasa di pondok pesantren modern Asy-Syifa’ Muhammadiyah Mayong Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam proses pengumpulan data ini penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Asy-Syifa’ Muhammadiyah Mayong Jepara pada tahun 2021/2022. Hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa 1). Strategi penerapan lingkungan bahasa di pondok pesantren modern Asy-Syifa’ Muhammadiyah Mayong Jepara yaitu antara lain yaitu Merekrut tenaga pengajar yang kompeten berkomunikasi bahasa Arab baik secara lisan maupun tulis, menciptakan lingkungan yang bernuasa kearaban, merubah image negatif terhadap bahasa Arab, dan menyediakan sarana prasarana. 2). Pelaksanaan Kegiatan lingkungan bahasa Arab di pondok pesantren modern Asy-Syifa’ Muhammadiyah Mayong Jepara terdiri dari Tahfidhul mufradat, muhawaroh, muhadloroh dan muhadatsah. 3). Adapun Faktor pendukung lingkungan bahasa di pondok pesantren modern Asy-Syifa’ Muhammadiyah Mayong Jepara yaitu adanya sarana prasarana yang tersedia di sana, adanya musyrif bahasa yang kompeten, dan adanya kegiatan kebahasaan.Sementara untuk faktor penghambat lingkungan bahasa di sana ialah minimnya minat dan motivasi santri dalam belajar bahasa Arab, kurangnya SDM dari ustadz maupun mudabbir, lemahnya Peraturan, dan kurangnya kerja sama antara direktur dan musyrif bahasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Bahasa, Keterampilan Berbicara | ||||||
Subjects: | Bahasa > Studi dan Pengajaran Bahasa Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2024 03:05 | ||||||
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:06 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12405 |
Actions (login required)
View Item |