Penyusunan Kit Ekosistem Berbasis Jelajah Alam Sekitar (Jas) untuk Menanamkan Soft Skill Konservasi pada Siswa SMP/MTS

Dewi, Cindy Olanda (2023) Penyusunan Kit Ekosistem Berbasis Jelajah Alam Sekitar (Jas) untuk Menanamkan Soft Skill Konservasi pada Siswa SMP/MTS. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-PENGANTAR.pdf

Download (918kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (549kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (870kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (597kB)

Abstract

Meningkatkan kemampuan atau skill merupakan hal yang mutlakdilakukan oleh setiap orang. Pembelajaran dalam meningkatkan kemampuansiswa di sekolah, akhir-akhir ini menjadi perhatian para pakar pendidikan diIndonesia. Perhatian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran disekolah lebih menekankan pada dimensi hard skill daripada soft skill dalampengamatannya. Praktik pembelajaran di sekolah lebih ideal jika memadukanantara dimensi hard skill dan soft skill, sehingga dua dimensi tersebut berjalandengan seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk berupaKIT Ekosistem berbasis jelajah alam sekitar (JAS) untuk menanamkan soft skillkonservasi siswa SMP/MTs. Desain pada penelitian ini menggunakan prosedurR&D dengan proses pembuatan produk KIT Ekosistem terdiri dari tiga tahapan,yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design) dan tahapPengembangan (develop). Produk KIT Ekosistem kemudian dilakukan validasikepada tiga ahli materi dan tiga ahli media untuk mendapatkan masukan dansaran sebagai perbaikan produk yang telah dikembangkan. Hasil akhir dariproduk yang dikembangkan yaitu sebuah produk berupa KIT Ekosistem yangdigunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran IPA kelas VII SMP/Mts.Penggunaan media pembelajaran KIT Ekosistem berbasis jelajah alam sekitar(JAS) untuk menanamkan soft skill konservasi diterapkan pada 10 siswa kelasVII SMP Negeri 2 Todanan, persentase poin yang diperoleh dari angket yangtelah diberikan kepada siswa yaitu memperoleh rata-rata lebih dari 3,00 dengankategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaranKIT Ekosistem berbasis jelajah alam sekitar (JAS) dapat digunakan untukmenumbuhkan soft skill konservasi siswa SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorImaduddin, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KIT Ekosistem, Soft Skill Konservasi, Jelajah Alam Sekitar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Oct 2024 08:31
Last Modified: 30 Oct 2024 08:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12451

Actions (login required)

View Item View Item