Jannah, Siti Umi Fatchul (2023) Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Lightening The Learning Climate (Menghidupkan Suasana Belajar) Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII A MTs NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (510kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (252kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (659kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (655kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (545kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (463kB) |
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas karakter, kepercayaan diri atau keberanian siswa dan keaktifan pada siswa. Maka, penelitian ini difokuskan terhadap strategi guru dalam mengajar pelajaran fiqih di kelas VII A dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe lightening the learning climate (menghidupkan suasana belajar) Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan sebuah pendekatan kualitatif deskriptif di MTs NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudua. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran fiqih dan juga salah satu siswa kelas VII A di MTs NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus. Pengumpullan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dari peneliti dengan mengunakan teknik triangulasi, yakni triangulasi dari sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk strategi pembelajaran aktif tipe lightening the learning climate (menghidupkan suasana belajar) pada mata pelajaran fiqih kelas VII A di MTs NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus dimulai dengan cerita lucu tentang peristiwa masyarakat yang berkaitan dengan materi pelajaran. Humor kreatif ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi siswa sehingga mereka tidak ragu untuk menyuarakan pendapat mereka. (2) Dalam penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe lightening the learning climate menghidupkan suasana belajar pada mata pelajaran fiqih kelas VII A di MTs NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus. Pertama, menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, metode ceramah plus, dan metode praktik. Kedua, agar siswa tidak bosan di kelas, guru fiqih menjelaskan materi diselingi dengan bercerita sehingga membuat suasana kelas menjadi aktif dan tidak hening. Ketiga, aktivitas pembelajaran aktif yang digunakan guru fiqih dalam mata pelajaran fiqih di kelas VII A melibatkan pertanyaan dan jawaban yang membuat siswa tertawa. (3) Faktor-faktor yang mendukung guru termasuk semangat guru saat menyampaikan materi, siswa yang belum memahami materi dan aktif bertanya kepada gurunya, siswa yang rajin dan tidak terlalu ramai di kelas, tidak membuat gaduh, tidak tidur, atau makan saat pelajaran berlangsung. Faktor penghambat lainnya adalah ponsel, yang digunakan siswa untuk bermain game dan menghubungi orangtuanya. Akibatnya, siswa tidak memperhatikan guru mereka saat mereka mendengarkan materi di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Aktif, Lightening The Learning Climate, Mata Pelajaran Fiqih | ||||||
Subjects: | Fiqih, Hukum Islam Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:10 | ||||||
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:10 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12630 |
Actions (login required)
View Item |