Penerapan Metode Gallery Walk Berbasis Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Komunikasi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X MA NU Miftahul Falah

Amalia, Affida Hana (2024) Penerapan Metode Gallery Walk Berbasis Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Komunikasi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X MA NU Miftahul Falah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (459kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (698kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (728kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (464kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (691kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode gallery walk berbasis guided inquiry terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi ekosistem dan untuk mengetahui hasil dari penerapan metode gallery walk berbasis guided inquiry pada materi ekosistem terhadap keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, design penelitian menggunakan control post test only design dimana dalam penelitian melibatkan 2 kelas yaitu eksperimen dan juga kontrol. Penelitian dilakukan dengan dua tahap, pada kelas eksperimen diberlakukan metode gallery walk berbasis guided inquiry. Pada akhir pembelajaran dilakukan evaluasi dengan posttest dan dilakukan observasi. Sampel yang diambil sebanyak 47 siswa dengan rincian 25 siswa kelas eksperimen dan 22 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan gallery walk berbasis guided inquiry pada kelas eksperimen hasil nilai rata – rata posttest sebesar 78,08 dan kelas kontrol sebesar 64,90. Hasil rata – rata observasi sebesar 72,8% untuk kelas eksperimen dsn 63,4% untuk kelas kontrol. Kemudian uji hipotesis dengan nilai signifikasi sebesar 0.003 < 0.05, H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh dalam penerapan Gallery Walk berbasis Guided Inquiry terhadap keterampilan komunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaludin, Didi NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Gallery Walk, Guided Inquiry, Keterampilan Komunikasi, Ekosistem
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Nov 2024 07:13
Last Modified: 20 Nov 2024 07:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12654

Actions (login required)

View Item View Item