Damayanti, Henny (2024) Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick Bermedia Mistery Box Terhadap Keaktifan Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA MA Ibtidaul Falah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (447kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (448kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (924kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (957kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (876kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (888kB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (476kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (927kB) |
Abstract
Penelitian ini berisi implementasi model pembelajaran talking stick bermedia mistery box terhadap keaktifan belajar biologi siswa kelas X IPA MA Ibtidaul Falah Kudus. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran talking stick bermedia mistery box di siswa Kelas X IPA MA Ibitidaul Falah Kudus, (2) untuk mengetahui keaktifan belajar biologi siswa di Kelas X IPA MA Ibitidaul Falah Kudus, (3) untuk mengetahui implementasi model pembelajaran talking stick bermedia mistery box terhadap keaktifan belajar biologi siswa di kelas X IPA MA Ibtidaul Falah Kudus. Pendekatan dalam penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan desain penelitiannya yaitu post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA MA Ibtidaul Falah Kudus. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol dan X IPA 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Adapun data yang diambil dengan mengunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji mann u whitney test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil lembar observasi keterlaksanaan sintaks sesuai dengan model pembelajaran talking stick bermedia mistery box memperoleh skor 4 dengan perolehan persentase 100% yang dikategorikan sangat tinggi. (2) Keaktifan belajar biologi siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan. Keaktifan belajar biologi di kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 60,18% yang berarti termasuk dalam kategori cukup aktif, sedangkan pada kelas eksperimen keaktifan belajar biologi memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,72% yang berarti dalam kategori aktif. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis terhadap implementasi model pembelajaran talking stick bermedia mistery box terhadap keaktifan belajar biologi memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Artinya terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran talking stick bermedia mistery box terhadap keaktifan belajar biologi siswa kelas X IPA MA Ibtidaul Falah Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Talking Stick, Media Mistery Box, Keaktifan Belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2024 07:44 | ||||||
Last Modified: | 20 Nov 2024 07:44 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12657 |
Actions (login required)
View Item |