Kenakalan Moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Akhlak dan Moral Siswa di MA Walisongo Kayen)

Ikhsan, Muhamad Nur (2023) Kenakalan Moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Akhlak dan Moral Siswa di MA Walisongo Kayen). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (525kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (250kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (754kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (765kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (558kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (772kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (542kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi dilatar belakangi oleh fenomena banyaknya kenakalan moral yang ditunjukkan oleh sebagian generasi pemuda. Banyaknya tindakan-tindakan menyimpang seperti halnya membolos, datang terlambat, menyontek, bulliying, berkata tidak baik, dan lain sebagainya. Penelitian ini memfokuskan mengenai strategi, pelaksanaan, dan bagaimana evaluasi guru PAI dalam merevitalisasi akhlak dan moral siswa di MA Walisongo Kayen. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perencanaan strategi guru Aqidah Akhlak dalam merevitalisasi akhlak dan moral siswa di MA Walisongo Kayen. Bentuk penerapannya melalui tiga tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di MA Walisongo Kayen dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subyek penelitian dalam penelitian ini ialah peserta didik di kelas di MA Walisongo Kayen. Adapun penggunaan teknik yang dipakai dalam pemilihan informan (sampling strategies). Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah wawancara dengan narasumber yakni kepala madrasah, wakil kepala kesiswaanm guru pendidikan agama islam dan siswa-siswi di MA Walisongo Kayen. Adapun sumber data sekunder dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi, dokumen, wawancara, buku buku, jurnal, maupun foto yang didapatkan di MA Walisongo Kayen. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Perencanaan strategi guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan akhlak siswa di MA Walisongo Kayen yaitu pertama Memilih dan Menentukan Pembelajaran yang Inovatif, kedua pendekatan personal, ketiga pendekatan emosional, keempat kegiatan pembiasaan disiplin, dan kelima diadakan kegiatan keagamaan. Perencanaan tersebut dilakukan agar siswa terhindar dari perilaku atau akhlak yang menyimpang sehingga bisa menimbulkan terjadinya dekadensi moal. Penerapan strategi guru Aqidah akhlak dalam meningkatkan akhlak dan moral siswa di MA Walisongo Kayen dilaksanakan dengan lancar sesuai rencana penelitian. Penerapan strategi ini dilaksanakan diwaktu pembelajaran maupun diluar pembelajaran, disesuaiakan dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Adapaun evaluasi pelaksanaan strategi guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan akhlak dan moral siswa di MA Walisongo terlaksana dengan baik dan lancar. Dalam pelaksanaan strategi ini masih ada beberapa kekurangan yang harus dibenahi guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan akhlak dan moral siswa di MA Walisongo kayen agar terhindar terjadinya kenakalan moral di kalangan pelajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorQadam, Izah UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kenakalan Moral, Revitalisasi, Akhlak dan Moral
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Nov 2024 03:02
Last Modified: 21 Nov 2024 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12668

Actions (login required)

View Item View Item