PENGARUH PROMOSI, PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PREFERENSI MENABUNG PADA BMT (STUDI PADA PEDAGANG PASAR DI KABUPATEN KUDUS)

Hana, Kharis Fadlullah (2016) PENGARUH PROMOSI, PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PREFERENSI MENABUNG PADA BMT (STUDI PADA PEDAGANG PASAR DI KABUPATEN KUDUS). Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover, Nota Persetujuan, Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sekarang ini pertumbuhan lembaga keuangan mikro di Indonesia sangatlah cepat, sehingga membawa perekonomian Indonesia semakin berkembang. Dahulu sektor keuangan mikro tersebut tidak lebih hanya sebagai fasilitator kegiatan pemerintah daerah dan beberapa lembaga usaha, tetapi kini telah berubah menjadi sektor yang sangat berpengaruh bagi perekonomian. Diantara lembaga keuangan mikro yang sangat berpengaruh itu adalah lembaga keuangan mikro syariah Baitul Maal wa Tamwil (BMT). Dengan berkembang pesatnya BMT di Indonesia munculah berbagai masalah yakni ada beberapa BMT yang tidak sesuai standar dan beberapa mengalami kebangkrutan. Sehingga muncul penurunan tingkat pendapatan rata-rata terutama pada bagian penghimpunan dana tabungan anggota yang dialami oleh BMT terutama di Kudus. Tabungan anggota ini sebagian besar pada pedagang pasar. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah promosi, pelayanan dan kepercayaannya oleh anggota. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan adalah: Bagaimana pengaruh promosi, pelayanan dan kepercayaan terhadap preferensi menabung pedagang pasar pada BMT di Kudus? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif di mana terdapat tiga variabel yaitu promosi, pelayanan dan kepercayaan sebagai variabel bebas (independent) dan preferensi menabung sebagai variabel terikat (dependent), dengan mengguanakan sumber data di antaranya data primer, sekunder, populasi dan sampel. Metode analisis data dengan menggunakan metode analisis regresi berganda, uji hipotesis berupa uji T dan uji simulasi (uji F). Dari hasil penelitian promosi tidak memiliki pengaruh terhadap preferensi menabung karena kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,047 dan t hitung 1,122. pelayanan memiliki pengaruh sebesar 1,446 dan t hitung 19,891. Kepercayaan memiliki pengaruh terhadap preferensi menabung pedagang pasar di BMT yang ada di Kabupaten Kudus sebesar 0,093 dan t hitung 2,035. Selanjutnya dalam uji pengaruh promosi, pelayanan dan kepercayaan bersama-sama secara simultan dengan uji F (anova) berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi menabung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 195.340 dengan signifikansi 0.000 yang jauh di bawah 0.05, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa promosi, pelayanan dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap preferensi menabung pedagang pasar pada BMT di Kudus diterima, dengan besarnya pengaruh sebesar 85,9%. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan tabungan BMT dari pedagang pasar di Kudus. Kata Kunci: Promosi, pelayanan, kepercayaan dan preferensi menabung

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Fiqih > Mu`alamat
Fiqih > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil
Sosial > Perdagangan, Komunikasi dan Transportasi > Perdagangan
Divisions: Pasca Sarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jun 2017 02:15
Last Modified: 08 Jun 2017 02:15
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item View Item