Implementasi Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mengatasi Siswa Korban Bullying di MTsN 2 Kudus

Ariyanti, Novi (2023) Implementasi Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mengatasi Siswa Korban Bullying di MTsN 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (518kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (622kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (670kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (580kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (617kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Pertama untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok di MTsN 2 Kudus. Kedua untuk mengetahui Implementasi Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mengatasi Siswa Korban Bullying di MTsN 2 Kudus. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 16 orang dimana terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing 8 orang dengan jumlah pertemuan untuk kelompok eksperimen sebanyak 3 kali sedangakan untuk kelompok kontrol sebanyak 1 kali. Pada pertemuan pertama kelompok eksperimen diberikan kuisioner pretest bullying setelah oriemtasi. Dan untuk pemberian posttest diberikan setelah pertemuan ketiga. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive random sampling. Subjek penelitian ini adalah peserta didik MTsN 2 Kudus dengan kategori korban bullying yang bervariatif. Dan desain penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian menujukan bahwa konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) ini dilakukan 3 kali. Dalam pelaksanaan kegiatan konseling kelompok, siswa memiliki antusias tinggi dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Pengumpulan data menggunakan uji wilcoxon dengan hasil 0,000 artinya < 0,05. Negative ranks dengan nilai N 16 artinya seluruh sampel tersebut mengalami penurunan hasil nilai dari pretest ke posttest. Mean ranks sebesar 8,50 dan Sum of ranks sebesar 136,00 serta nilai Ties adalah 0 berarti tidak adanya kesamaan nilai pretest dan posttset. Dimana penelitian ini menunjukan bahwa pemberian layanan konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) efektif untuk mereduksi korban bullying siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyawan, David AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), dan Bullying
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:01
Last Modified: 28 Nov 2024 04:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12764

Actions (login required)

View Item View Item