Ariyani, Indah Dwi (2024) Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Product Quality terhadap Purchase Intention dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Skincare Somethinc di Moonlight CMC Beauty. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (406kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (822kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (715kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (547kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (856kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (405kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi membawa transformasi dalam dunia bisnis seperti halnya yang dilakukan oleh Somethinc dalam pemanfaatan Tiktok sebagai platform pemasaran. Somethinc merupakan salah satu brand skincare lokal yang mencerminkan adaptasi terhadap tren konsumen dengan memanfaatkan electronic word of mouth. Selain itu, Somethinc terus memperbaiki kualitas produk dan citra merek sehingga konsumen merasa puas dan dapat meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention, electronic word of mouth terhadap brand image, product quality terhadap purchase intention, product quality terhadap brand image, kemudian brand image terhadap purchase intention, dan electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image serta product quality terhadap purchase intention melalui brand image. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian field research dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini yaitu konsumen skincare Somethinc di Moonlight CMC Beauty. Populasi dalam penelitian ini tidak dapat diketahui secara pasti jumlah yang sebenarnya dan didapatkan sampel sebanyak 115 sampel dengan teknik non probability sampling melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SmartPLS versi 4. Teknik analisis data menggunakan outer model (uji validitas dan uji reliabilitas), inner model (R-square, F-square, path coefficients, model fit), dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth berpengaruh positif dengan nilai sebesar 3,148 > 1,981. Variabel electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap brand image dengan nilai sebesar 2,710 > 1,981. Variabel product quality berpengaruh positif terhadap purchase intention dengan nilai sebesar 2,934 > 1,981. Variabel product quality berpengaruh positif terhadap brand image dengan nilai sebesar 5,331 > 1,981. Kemudian pada variabel product quality tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention dengan nilai sebesar 0,806 < 1,981 dan variabel brand image belum mampu memediasi antara electronic word of mouth terhadap purchase intention dengan nilai 0,730 < 1,981 serta variabel brand image juga belum mampu memediasi antara product quality terhadap purchase intention konsumen skincare Somethinc di Moonlight CMC Beauty, dengan nilai sebesar 0,763 < 1,981.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word Of Mouth, Product Quality, Purchase Intention, Brand Image. | ||||||
Subjects: | Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis Bisnis Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen Bisnis > Manajemen Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen |
||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2024 07:32 | ||||||
Last Modified: | 13 Dec 2024 07:32 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12912 |
Actions (login required)
View Item |