Hidayah, Ana Noor (2023) Pengaruh Bimbingan Kelompok Islami Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Perilaku Bullying Siswa Kelas VII Di Mts NU Nurussalam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (472kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (453kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (339kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (704kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (217kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
Bullying yang terjadi di sekolah dapat menganggu siswa belajar di sekolah. Para siswa yang memiliki pemahaman bahaya bullying akan memiliki peluang besar untuk terhindar dari tindakan bullying dari pada siswa yang tidak memiliki pemahaman bullying. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perilaku bullying sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok islami dengan teknik assertive training di Mts NU Nurussalam, 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh bimbingan kelompok islami dengan teknik assertive training untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang perilaku bullying di Mts NU Nurussalam. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengaruh bimbingan kelompok islami dengan teknik assertive training untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang perilaku bullying siswa kelas VII di Mts NU Nurussalam. Peneliti menggunakan jenis penelitian yang berdesaian one group pretest posttest design yang kemudian dianalisis untuk mengetahui perubahan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training. Dalam hasil analisis statistik deskriptif menunjukan bahwa terdapat penambahan perilaku tentang bulllying dari pretest 73,77 menjadi 103.43 setelah diberi perlakuan. Pengumpulan data menggunakan uji t test dengan hasil 0,000 artinya < 0,05 dimana penelitian ini menunjukan bahwa pemberian bimbingan kelompok islami dengan teknik assertive training dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VII di Mts NU Nurussalam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Layanan Bimbingan Kelompok Islami, Teknik Assertive Training, Bullying | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Psikologi Islam Ilmu-Ilmu Sosial Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Dec 2024 02:31 | ||||||
Last Modified: | 30 Dec 2024 02:31 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13059 |
Actions (login required)
View Item |