Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Amplop Bergambar untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas IV MI Khoiriyatul Ulum Tegalharjo

Khoirunni’am, Nico (2024) Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Amplop Bergambar untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas IV MI Khoiriyatul Ulum Tegalharjo. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (230kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (278kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (240kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative learning dengan media amplop bergambar terhadap minat belajar peserta didik kelas IV MI Khoiriyatul Ulum Tegalharjo. Peneliti menggunakan pendekatakan kuantitatif dan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan desain penelitian one-group prestest-posttest design yang mana pada penelitian ini hanya menggunakan kelas eksperimen dan menggunakan uji pretest dan posttest. Populasi yang diangkat dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Khoiriyatul Ulum Tegalharjo yang sekaligus menjadi sampel penelitian yang berjumlah 29 peserta didik. Dari data yang didapat pretest hasil belajar IPA peserta didik kelas IV yang memperoleh kriteria sangat rendah terdapat 1 peserta didik degan presentase 3,84%, kriteria rendah terdapat 10 peserta didik dengan presentase 38,46%, kriteria sedang terdapat 5 peserta didik dengan presentase 19,23%, kriteria tinggi terdapat 5 peserta didik dengan presentase 19,23%, dan kriteria sangat tinggi terdapat 5 peserta didik dengan presentase 19,23%, pretest hasil belajar IPA peserta didik kelas IV yang memperoleh kriteriasangat rendah terdapat 1 peserta didik dengan presentase 3,84%, kriteria rendah terdapat 0 peserta didik, kriteria sedang terdapat 8 peserta didik dengan presentase 30,76%, dan kriteria tinggi terdapat 15 peserta didik dengan presentase 57,69%, dan kriteria sangat tinggi terdapat 2 peserta didik dengan presentase 7,69%. Uji regresi variabel independen memengaruhi sebesar 98,6% terhadap variabel dependen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMundakir, MundakirUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, Media Amplop Bergambar, Minat Belajar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jan 2025 07:45
Last Modified: 07 Jan 2025 07:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13125

Actions (login required)

View Item View Item