Upaya Guru BK dalam Membantu Penyesuaian Diri Siswa di SMP N 8 Pati Pasca Pandemi Covid-19

Saifuddin, Mishbah Nur (2024) Upaya Guru BK dalam Membantu Penyesuaian Diri Siswa di SMP N 8 Pati Pasca Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (559kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (660kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

Penyesuaian diri merupakan uatu bentuk adaptasi dari individu terhadap lingkugan disekitarnya, dengan memberikan respon baik senang, sedih, semangat, dan lainnya dengan memberikan timbal balik yang tepat sesuai dengan lingkunnya. Penelitian ini memiliki tujuan : (1) Untuk mengetahui upaya guru BK dalam membantu penyesuaian diri siswa di SMPN 8 Pati pasca pandemic covid-19. (2) Mengetahui layanan yang diberikan oleh guru BK dalam membantu penyesuaian diri siswa. (3) Untuk mengetahui faktor yang memengaruhi upaya guru BK dalam membantu penyesuaian diri siswa di SMPN 8 Pati pasca pandemic covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Subjek penelitian mengambil sampel 20 siswa dari keseluruhan 35 siswa kelas VIII-C yang kemampuan penyesuaian dirinya dinilai kurang. Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwasannya, (1) Upaya guru BK dalam membantu penyesuaian diri siswa pasca pandemic berjalan dengan baik. (2) Kondisi penyesuaian diri siswa terhadap lingkungan sekolah yang baru pasca pandemic memiliki beragam karakteristik, dengan beberapa siswa mampu menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan yang baru dan beberapa yang lainnya masih terbawa dengan suasana pembelajaran daring. (3) Adapun faktor pendukung yang memengaruhi pemberian bantuan sisiwa dalam menyesuaikan diri adalah : (1) Guru, (2) Siswa, (3) Lingkungan sekolah, (4) Suasana sekolah. Sedangkan faktor yang menghambat penyesuaian diri siswa yaitu : (1) Rasa percaya diri yang dimiliki setiap siswa, (2) Teman sebaya, (3) Motivasi dan minat belajar siswa, (4) Pengaruh pembelajaran daring, (5) Pihak luar (orang tua).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYasfin, Moh. AnwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling, Penyesuaian Diri
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jan 2025 01:13
Last Modified: 08 Jan 2025 01:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13130

Actions (login required)

View Item View Item