Firasy, Muhammad Nihrir (2024) Exploring the Representations of Islamic Education Concepts Values in English for Nusantara Textbook for Grade 7: A Content Analysis. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (839kB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (253kB) |
|
Text
3. TABLE OF CONTENT.pdf Download (389kB) |
|
Text
4. CHAPTER I.pdf Download (231kB) |
|
Text
5. CHAPTER II.pdf Download (512kB) |
|
Text
6. CHAPTER III.pdf Download (282kB) |
|
Text
7. CHAPTER IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. CHAPTER V.pdf Download (127kB) |
|
Text
9. REFERENCE.pdf Download (269kB) |
Abstract
Buku teks adalah suatu media pembelajaran utama dalam kegiatan belajar mengajar. Melalui buku teks terutama buku teks bahasa dalam hal ini adalah buku teks bahasa Inggris, banyak nilai-nilai yang dapat disampaikan agar dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari para siswa, salah satunya adalah nilai-nilai konsep pendidikan Islam yang dikerucutkan pada pendidikan akhlak. Salah satu buku bahasa yang digunakan pada saat kurikulum merdeka digunakan adalah “English for Nusantara” untuk kelas 7. Nilai-nilai konsep pendidikan Islam yang dikerutkan pada pendidikan akhlak pada penelitian ini adalah akhlak terhadap diri sendiri yang meliputi: sabar, bersyukur, memenuhi amanat, jujur, dan malu. Dan akhlak terhadap masyarakat meliputi: berbuat baik pada tetangga, Ta’awun, Tawadhu, dan berbuat baik pada teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai konsep pendidikan Islam yang terdapat dalam buku ini serta menganalisisnya bagaimana nilai-nilai tersebut dipresentasikan dalam konten buku teks ini, apakah nilai-nilai tersebut dipresentasikan secara implisit atau eksplisit. Dalam mencapai tujuan tersebut, dipakailah teknik penelitian isi. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian analisis isi yang menganalisis konten-konten yang ada dalam buku “English for Nusantara” untuk kelas 7 dan menentukan representasi yang ada itu direpresentasikan secara implisit atau eksplisit. Hasilnya, ditemukan 50 representasi yang terdiri dari 37 representasi nilai-nilai moral terhadap diri sendiri meliputi sabar dengan 9 representasi, bersyukur dengan 9 representasi, memenuhi amanat dengan 10 representasi, jujur 8 representasi, dan malu dengan 1 representasi. Sedangkan, representasi nilai-nilai terhadap masyarakat berjumlah 13 representasi yang terdiri dari Ta’awun dengan 6 representasi, Tawadhu dengan 2 representasi, dan berbuat baik kepada teman 5 representasi. Sedangkan cara merepresentasikannya adalah 30 representasi secara implisit atau 60% dan 20 representasi secara eksplisit atau 40%. Penelitian ini terbatas pada buku teks bahasa inggris “English for Nusantara” untuk kelas 7 saja, dan nilai-nilai yang diteliti hanya nilai-nilai konsep pendidikan Islam yang dikerucutkan pada pendidikan akhlak saja. Sehingga untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan buku lain baik itu pada tingkatan di atasnya, ataupun buku dengan judul lain yang banyak dipakai di sekolah. Masih banyak nilai-nilai lain yang perlu dijelajahi representasinya dalam buku teks sehingga nilai-nilai tersebut dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari anak didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Textbook, Islamic Education Concept Values, Content Analysis | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2025 01:57 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2025 01:57 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13155 |
Actions (login required)
View Item |