Exploring the Representations of Islamic Education Concepts Values in English for Nusantara Textbook for Grade 7: A Content Analysis

Firasy, Muhammad Nihrir (2024) Exploring the Representations of Islamic Education Concepts Values in English for Nusantara Textbook for Grade 7: A Content Analysis. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (839kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (389kB)
[img] Text
4. CHAPTER I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
5. CHAPTER II.pdf

Download (512kB)
[img] Text
6. CHAPTER III.pdf

Download (282kB)
[img] Text
7. CHAPTER IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. CHAPTER V.pdf

Download (127kB)
[img] Text
9. REFERENCE.pdf

Download (269kB)

Abstract

Buku teks adalah suatu media pembelajaran utama dalam kegiatan belajar mengajar. Melalui buku teks terutama buku teks bahasa dalam hal ini adalah buku teks bahasa Inggris, banyak nilai-nilai yang dapat disampaikan agar dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari para siswa, salah satunya adalah nilai-nilai konsep pendidikan Islam yang dikerucutkan pada pendidikan akhlak. Salah satu buku bahasa yang digunakan pada saat kurikulum merdeka digunakan adalah “English for Nusantara” untuk kelas 7. Nilai-nilai konsep pendidikan Islam yang dikerutkan pada pendidikan akhlak pada penelitian ini adalah akhlak terhadap diri sendiri yang meliputi: sabar, bersyukur, memenuhi amanat, jujur, dan malu. Dan akhlak terhadap masyarakat meliputi: berbuat baik pada tetangga, Ta’awun, Tawadhu, dan berbuat baik pada teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai konsep pendidikan Islam yang terdapat dalam buku ini serta menganalisisnya bagaimana nilai-nilai tersebut dipresentasikan dalam konten buku teks ini, apakah nilai-nilai tersebut dipresentasikan secara implisit atau eksplisit. Dalam mencapai tujuan tersebut, dipakailah teknik penelitian isi. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian analisis isi yang menganalisis konten-konten yang ada dalam buku “English for Nusantara” untuk kelas 7 dan menentukan representasi yang ada itu direpresentasikan secara implisit atau eksplisit. Hasilnya, ditemukan 50 representasi yang terdiri dari 37 representasi nilai-nilai moral terhadap diri sendiri meliputi sabar dengan 9 representasi, bersyukur dengan 9 representasi, memenuhi amanat dengan 10 representasi, jujur 8 representasi, dan malu dengan 1 representasi. Sedangkan, representasi nilai-nilai terhadap masyarakat berjumlah 13 representasi yang terdiri dari Ta’awun dengan 6 representasi, Tawadhu dengan 2 representasi, dan berbuat baik kepada teman 5 representasi. Sedangkan cara merepresentasikannya adalah 30 representasi secara implisit atau 60% dan 20 representasi secara eksplisit atau 40%. Penelitian ini terbatas pada buku teks bahasa inggris “English for Nusantara” untuk kelas 7 saja, dan nilai-nilai yang diteliti hanya nilai-nilai konsep pendidikan Islam yang dikerucutkan pada pendidikan akhlak saja. Sehingga untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan buku lain baik itu pada tingkatan di atasnya, ataupun buku dengan judul lain yang banyak dipakai di sekolah. Masih banyak nilai-nilai lain yang perlu dijelajahi representasinya dalam buku teks sehingga nilai-nilai tersebut dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari anak didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHakim, Muhammad Arif AlUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Textbook, Islamic Education Concept Values, Content Analysis
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:57
Last Modified: 09 Jan 2025 01:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13155

Actions (login required)

View Item View Item