Pratiwi, Sisca Putri (2024) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (340kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (338kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (423kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (422kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (155kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023.Untuk mengetahui pemanfaatan dalam mata pelajaran IPA di Kelas V di MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk mengetahui apakah model pembelajaran contextual teaching and learning dapat mengatasi kejenuhan dalam belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V di MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengunaan model pembelajaran contextual teaching and learning pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus, mengetahui faktor penghambat dan pendukung penggunaan media monopoli dalam mengatasi kejenuhan belajar Fiqih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan peserta didik kelas V MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus. Data-data dikumpulkan dengan teknik observasi partisipatoris, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan Penelitian ini berhasil memperoleh dua temuan, yaitu: 1) Penerapan Model Pembelajaran contextual teaching and learning pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus bisa menangani masalah kejenuhan belajar IPA di kelas V, dalam penggunaan model ctl siswa menjadi semangat dan senang dalam belajar IPA, mengajak siswa untuk aktif dan inovatif, serta lebih percaya diri sehingga hasil belajar Fiqih lebih menyenangkan. 2 Faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus yaitu : a) Faktor Pendukung pengugunaan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus yaitu dari peserta didik dan pendidik, dan sarana prasarana. Sedangkan, b) Faktor Penghambat penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Tsamrotul Wathon adalah kurangnya kepercayaan diri dan dorongan motivasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:54 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:54 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13199 |
Actions (login required)
View Item |