Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus

Pratiwi, Sisca Putri (2024) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (423kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (422kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023.Untuk mengetahui pemanfaatan dalam mata pelajaran IPA di Kelas V di MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk mengetahui apakah model pembelajaran contextual teaching and learning dapat mengatasi kejenuhan dalam belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V di MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengunaan model pembelajaran contextual teaching and learning pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus, mengetahui faktor penghambat dan pendukung penggunaan media monopoli dalam mengatasi kejenuhan belajar Fiqih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan peserta didik kelas V MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus. Data-data dikumpulkan dengan teknik observasi partisipatoris, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan Penelitian ini berhasil memperoleh dua temuan, yaitu: 1) Penerapan Model Pembelajaran contextual teaching and learning pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus bisa menangani masalah kejenuhan belajar IPA di kelas V, dalam penggunaan model ctl siswa menjadi semangat dan senang dalam belajar IPA, mengajak siswa untuk aktif dan inovatif, serta lebih percaya diri sehingga hasil belajar Fiqih lebih menyenangkan. 2 Faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus yaitu : a) Faktor Pendukung pengugunaan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Tsamrotul Wathon Gebog Kudus yaitu dari peserta didik dan pendidik, dan sarana prasarana. Sedangkan, b) Faktor Penghambat penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Tsamrotul Wathon adalah kurangnya kepercayaan diri dan dorongan motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSumadi, EkoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jan 2025 07:54
Last Modified: 10 Jan 2025 07:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13199

Actions (login required)

View Item View Item