Khasanah, Putri (2024) Studi Analisis Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences) Kelas X di SMAN 1 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (539kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (526kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (855kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (965kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (589kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (822kB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (555kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (678kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui upaya guru PAI dalam mengembangkan model pembelajaran berbasis kecerdasan ganda (multiple intelligences) kelas X di SMAN 1 Gebog Kudus. 2) Mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat yang dihadapi guru PAI dalam mengembangkan model pembelajaran berbasis kecerdasan ganda (multiple intelligences) kelas X di SMAN 1 Gebog Kudus. 3) Mengetahui hasil pengembangan model pembelajaran berbasis kecerdasan ganda (multiple intelligences) kelas X di SMAN 1 Gebog Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dalam menganalisis data menggunakan empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Upaya guru PAI dalam mengembangkan model pembelajaran berbasis kecerdasan ganda (multiple intelligences) dengan melakukan persiapan melalui perencanaan yang meliputi mengorganisir kecerdasan, mengumpulkan sumber, merancang kegiatan proyek. Kemudian mengimplementasikannya pada kegiatan pembelajaran dan melakukan evaluasi. 2) Faktor pendorong meliputi guru semangat dalam menjalankan tugasnya, kompetensi guru, kurikulum, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya kreativitas, kurangnya persiapan, perbedaan karakteristik siswa, dan keterbatasan waktu mengajar. 3) Hasil pengembangan penggunaan model pembelajaran berbasis kecerdasan ganda (multiple intelligences) menunjukkan hasil yang positif. Perspektif guru PAI menunjukkan bahwa kecerdasan yang berjumlah 9 meliputi kecerdasan linguistik-verbal, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik-jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, dan kecerdasan spiritual dapat terfasilitasi dengan baik. Sedangkan dalam perspektif siswa menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences), Pendidikan Agama Islam, Upaya Guru | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:51 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:51 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13327 |
Actions (login required)
View Item |