Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game “Mate-Matriks” Berbasis Android menggunakan Software Adobe Animate Cc dengan Pokok Bahasan Matriks

Ma’ruf, Muhammad Amin (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game “Mate-Matriks” Berbasis Android menggunakan Software Adobe Animate Cc dengan Pokok Bahasan Matriks. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (459kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (465kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (761kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (845kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (653kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran interaktif merupakan suatu solusi yang dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mempelajari matematika, terutama dalam pembahasan matriks yang seringkali dianggap sulit dan abstrak oleh sebagian siswa. Game "Mate-Matriks" dirancang dengan tujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif, serta membantu siswa dalam memahami konsep matriks melalui pendekatan yang lebih menyenangkan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang dikembangkan oleh Borg and Gall, yang terdiri dari 10 langkah pengembangan: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Tahap pengembangan, dilakukan pembuatan game "Mate-Matriks" menggunakan software Adobe Animate CC dengan memanfaatkan fitur-fitur interaktif yang disediakan. Proses implementasi dilakukan dengan menguji coba game kepada sejumlah siswa SMA N 1 Pecangaan untuk mendapatkan umpan balik yang akan digunakan dalam tahap evaluasi. Uji kelayakan aplikasi Mate-Matriks dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Ahli materi memberikan skor rata-rata 91, menunjukkan bahwa materi yang disajikan “sangat layak”. Ahli media memberikan skor rata-rata 88,5, yang juga termasuk dalam kategori “sangat layak” dari segi media. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil (5 siswa) dan kelompok besar (57 siswa), dengan masing-masing kelompok mendapatkan skor rata-rata 80,6 dan 88,8. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi Mate-Matriks masuk dalam kategori “layak dan “sangat layak”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji coba, dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran Mate-matriks dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang layak digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAuliya, Nanang Nabhar FakhriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif, game, Mate-Matriks, Android, Adobe Animate CC, Matriks
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jan 2025 08:04
Last Modified: 23 Jan 2025 08:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13411

Actions (login required)

View Item View Item