Lusiana, Yusria (2023) Metode Resitasi Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas 5 MI Datuk Singaraja Desa Kerso Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (953kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (798kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (615kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Resitasi pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA Kelas 5 MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara. Adapun rumusan masalah yang diambil oleh peneliti yaitu: 1) Implementasi metode resitasi alat peraga dari barang bekas pembelajaraan IPA materi organ peredaran darah pada siswa kelas V MI Datuk Singaraja. 2) Hasil belajar IPA kelas V MI Datuk Singaraja setelah menggunakan metode resitasi pemanfaatan barang bekas. 3) Faktor pendukung pelaksanaan metode resitasi alat peraga baraang bekas pembelajaran IPA materi organ peredaran darah manusia dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V di MI Datuk Singaraja. 4) Faktor penghambat pelaksanaan metode resitasi alat peraga baraang bekas pembelajaran IPA materi organ peredaran darah manusia dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V di MI Datuk Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dimana peneliti melakukan pengamatan langsung ke lokasi penelitian di MI Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara. Pendekatan pada penlitian ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif pendekatan ini digunakan peneliti untuk memperoleh data fakta tentang penggunaan metode Resitasi pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V MI Datuk Singaraja dari informan yang terkait dengan teknik pengumpulaan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas mellaui triangulasi sumber, teknik, waktu, dan member check. Kemudian data di analisis dengan mengumpulkan data, memilih dan merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna. Hasil penelitian menunjukkan: metode resitasi yaitu fase pemberian tugas, fase pelaksanaan tugas, dan fase pertanggung jawaban tugas. penggunaan metode resitasi pemanfaataan barang bekas dari botol bekas dan selang sebagai media belajar mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Faktor pendukung dari pelaksanaan metode resitasi pemanfaatan barang bekas adalah pengaplikasian yang mudah,memberikan pengalaman pada siswa,mengembangkan kreatifitas ssiswa, barang bekas mudah didapatkan, memotivasi siswa menjadi aktif. Faktor penghambatnya yaitu tidak jujur mengerjakan tugas, sulitnya menumbuhkan rasa percaya diri, menyepelekan tugas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Resitasi, Media Pembelajaran, Hasil Belajar IPA, Organ Peredaran Darah Manusia | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2025 07:04 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:04 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13441 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |