Taqiya, Nadifa (2023) Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPAS Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (382kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (719kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (317kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (689kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (160kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPAS Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Metode penelitian termasuk jenis penelitian lapangan (filed research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dimana terlibat aktif dilapangan terkait dengan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran guided inquiry berbasis eksperimen pada mata pelajaran IPAS dan peneliti ikut andil dalam proses pembelajaran sehingga peneliti dapat merasakan dan menggambarkan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan oleh guru wali kelas IV MI NU Tarsyidut Thullab dan peserta didik MI NU Tarsyidut Thullab. Sedangkan data sekunder didapatkan secara administrative dan data dokumentatif. Perolehan data diperoleh melalui pada objek penelitian yaitu di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa reduction, data display, conclusion drawing/verification. penelitian ini memperoleh hasil 1) penerapan model pembelajaran guided inquiry berbasis eksperimen dimulai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tujuan pembelajaran, materi, serta media pembelajaran, pelaksanaan penerapan model pembelajaran guided inquiry berbasis eksperimen terdapat tiga kegiatan pembelajaran, pendahuluan, inti, penutup. Tahap inti dalam penerapan model pembelajaran guided inquiry terdapat empat langkah, penyajian masalah, pengumpulan data verifikasi, pengumpulan data eksperimentasi, organisasi data dan formulasi kesimpulan. 2) Minat belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPAS kelas IV dalam menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbasis eksperimen. Dilihat bawah minat belajar peserta didik terdiri dari empat aspek yaitu perhatian, aspek ketertarikan, aspek perasaan suka/senang, aspek keterlibatan. Bahwa minat belajar peserta didik berbeda-beda pada setiap indikator mulai dari indikator perhatian, ketertarikan, perasaan suka/senang, dan keterlibatan, mengatakan bahwa minat belajar peserta didik kelas IV masuk dalam indikator perasaan suka/senang yang termasuk dalam kriteria baik. 3) Faktor pendukung penerapan model pembelajaran guided inquiry berbasis eksperimen, guru dan peserta didik, faktor penghambat sarana dan prasarana (Ruang pengamatan/Eksperimen) serta alat dan bahan pengamatan. Faktor pendukung minat belajar peserta didik, guru dan peserta didik, keadaan peserta didik, keadaan Gedung/kelas dan faktor penghambat minat belajar peserta didik, kurangnya pendampingan orang tua, kurangya apresiasi yang diberikan kepada anak/peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Guided Inquiry, berbasis Eksperimen, Minat Belajar, MI NU Tarsyidut Thullab | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2025 08:14 | ||||||
Last Modified: | 31 Jan 2025 08:14 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13477 |
Actions (login required)
View Item |