PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DAN LAYANAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB

Rouf, Abdul (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DAN LAYANAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER, NOTA, DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI NEW.pdf

Download (13MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui: “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dan Layanan Pembelajaran Bahasa Arab terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab”. Dengan perumusan masalah adakah Pengaruh layanan konseling kelompok terhadap hasil belajar bahasa Arab, Pengaruh layanan pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Arab, dan Pengaruh layanan bimbingan konseling kelompok dan layanan pembelajaran terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa Kelas X MA Darul Falah Cluwak. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh layanan konseling kelompok terhadap hasil belajar bahasa Arab, Pengaruh layanan pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Arab, dan Pengaruh layanan bimbingan konseling kelompok dan layanan pembelajaran terhadap hasil belajar Bahasa Arab. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Darul Falah Cluwak tahun 2016/2017. Jumlah populasi sebanyak 174 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 66 siswa. Penelitian ini merupakan studi populasi.Tempat penelitian di MA Darul Falah Cluwak Pati. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, dan data siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif dan diagram dan disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan prosentase dengan tabel-tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) berdasarkan persepsi responden tentang layanan konseling kelompok, diperoleh thitung 1.827 > ttabel 1.668, kontribusi layanan konseling kelompok untuk menjelaskan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X MA Darul Falah Cluwak sebesar 0.035 atau 3.5 % (2) berdasarkan persepsi responden tentang Pengaruh layanan pembelajaran terhadap hasil belajar siswa diperoleh thitung 7.543 > ttabel 1.668, kontribusi layanan pembelajaran untuk menjelaskan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X MA Darul Falah Cluwak sebesar 0.462 atau 46.2% (3) berdasarkan Pengaruh variabel layanan konseling kelompok (X1) dan variabel layanan pembelajaran (X2) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh Fhitung 78.853 > Ftabel 3.14, kontribusi layanan konseling kelompok dan layanan pembelajaran secara bersama-sama untuk menjelaskan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X MA Darul Falah Cluwak adalah sebesar 0.705 atau 70.5%. Angka ini menunjukkan bahwa hasil belajar (Y) secara bersama-sama (simultan) dipengaruhi oleh variabel layanan konseling kelompok (X1) dan variabel layanan pembelajaran (X2) sebesar 70,5% sedangkan sisanya 29,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Disarankan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok, pembimbing hendaknya senantiasa memperhatikan tahap pelaksanaan, frekuensi pemberian layanan konseling kelompok dan layanan bimbingan belajar, materi bimbingan, dan metode yang sesuai sehingga hasil belajar menjadi lebih baik. This study to determine: "The Relationship Counselling Service Group and Service Learning on Learning Outcomes". With the formulation of the problem is there a relationship counseling service group on the results of learning Arabic, the service relationship to the learning outcomes of learning Arabic, and relationship counseling service and service-learning groups on learning outcomes Arabic student of Class X graduate MA Darul Falah Cluwak. The aim of this study is to determine the relationship counseling service group on the results of learning Arabic, the service relationship to the learning outcomes of learning Arabic, and relationship counseling service and service-learning groups on learning outcomes Arabic. The study population are the class X MA Darul Falah Cluwak year 2016/2017. Total population of 174 students with a sample of 66 students. This study is a research study in MA populasi. The place of research in the MA Darul Falah Cluwak Pati. Data were collected using a questionnaire, and student data. Data were analyzed quantitatively by using descriptive statistics and diagrams and presented in frequency and percentage distributions by tables and diagrams. The results showed that: (1) based on the perceptions of respondents about counseling services group, obtained t 1.827> ttable 1.668, thus contributing counseling services group to explain the results of studying Arabic class X MA Darul Falah Cluwak of 0.035 or 3.5% (2) based the respondent's perception of the relationship of service learning on student learning outcomes obtained t 7.543> ttable 1.668, the contribution of learning services to explain the results of studying Arabic class X MA Darul Falah Cluwak of 0.462, or 46.2% (3) based on the relationship variables counseling services group (X1 ) and variable learning services (X2) on learning outcomes (Y) obtained Fhitung 78.853> Ftabel 3.14, the contribution of the service group counseling and learning services together to explain the results of studying Arabic class X MA Darul Falah Cluwak amounted to 0.705 or 70.5%. This figure shows that learning outcomes (Y) together (simultaneously) is affected by the variable group counseling services (X1) and variable learning services (X2) amounted to 70.5% while the remaining 29.5% is influenced by other factors. It is suggested in order to improve student learning outcomes, particularly by using group counseling services, guidance counselor should keep in mind the stages of implementation, the frequency of counseling services and services group tutoring, guidance materials, and methods accordingly so that the learning outcomes for the better.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Layanan konseling kelompok; layanan pembelajaran; dan hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jun 2017 02:58
Last Modified: 10 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item View Item