Dampak Digitalisasi terhadap Interaksi Sosial Peserta Didik di MA Nahdlatul Ulama Gembong Pati

Syuroyya, Inaratus (2024) Dampak Digitalisasi terhadap Interaksi Sosial Peserta Didik di MA Nahdlatul Ulama Gembong Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (622kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (593kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui interaksi sosial peserta didik kelas X MA Nahdlatul Ulama Gembong Pati di era digitalisasi dalam pembelajaran geografi. 2) Untuk mengetahui penggunaan gadget dalam pembelajaran geografi kelas X MA Nahdlatul Ulama Gembong Pati. 3) Untuk mengetahui kemampuan belajar peserta didik kelas X MA Nahdlatul Ulama Gembong Pati dalam penggunaan gadget pada pembelajaran geografi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah lapangan atau field research. Subjek penelitian yaitu pendidik mata pelajaran Geografi dan peserta didik Kelas X MA Nahdlatul Ulama Gembong Pati. Teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan uji kredibilitas melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi dan bahan referensi. Selanjutnya data dianalisis dengan memilih serta merangkum data, penyajian data dan penarikan kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, interaksi sosial peserta didik kelas X MA Nahdlatul Ulama Gembong Pati di era digitalisasi dalam pembelajaran geografi dari segi tingkah lakunya baik dan mampu berkomunikasi dengan tata krama apalagi dengan pendidiknya, namun Sebagian peserta didik yang berpegangan dengan gadget saat pembelajaran berlangsung suka acuh dan sibuk dengan gadgetnya daripada mendengankan dan menyimak pendidiknya sehingga interaksi antara pendidik dan peserta didik menjadi berkurang. Kedua, penggunaan gadget dalam pembelajaran geografi kelas X MA Nahdlatul Ulama Gembong Pati, sangat membantu peserta didik dalam menemukan materi pembelajaran yang dikirim link materi pembelajaran, dan membantu siswa menemukan permasalahan dalam menjawab persoalan yang diberikan oleh pendidiknya. Namun, penggunaan gadget dalam proses belajar mengajar dapat membuat peserta didik kurang tepat dalam mengoperasikannya, yang artinya saat peserta didik disuruh membuka link materi pembelajaran mereka malah membuka aplikasi lain seperti whatsapp ataupun Instagram. Ketiga, kemampuan belajar peserta didik kelas X MA Nahdlatul Ulama Gembong Pati dalam penggunaan gadget pada pembelajaran geografi, membuatnya lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Sebelum melakukan pembelajaran menggunakan gadget, pendidik lebih dahulu menyiapkan materi ajar atau membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupa'at, Supa'atUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: digitalisasi, interaksi sosial, gadget
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Mar 2025 01:40
Last Modified: 04 Mar 2025 01:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13827

Actions (login required)

View Item View Item