Personal Branding "Dekengan Pusat" dalam Aktivitas Dakwah Gus Iqdam pada Channel Youtube @Gusiqdamofficial melalui Pendekatan Etnografi Virtual

Azka, Mohammad Noval (2024) Personal Branding "Dekengan Pusat" dalam Aktivitas Dakwah Gus Iqdam pada Channel Youtube @Gusiqdamofficial melalui Pendekatan Etnografi Virtual. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (779kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (889kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (831kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (816kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (590kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (649kB)

Abstract

Dengan seiring tren saat ini, kemajuan teknologi menjadikan kesempatan untuk mempromosikan aktivitas dakwah pada media sosial hal tersebut mengakibatkan maraknya konten-konten dakwah yang bertebaran di media sosial. Terlebih lagi di era persaingan ini, banyak orang memiliki keterampilan atau keahlian yang sama. Oleh karena itu, sebagai pembeda bisa melakukan branding yang kuat untuk diri mereka sendiri. seperti halnya Gus Iqdam dengan slogannya “Dekengan Pusat”. Tujuan dari penelitian ini, untuk menganalisis filosofi slogan “Dekengan Pusat” serta wujud personal branding dakwah Gus Iqdam pada channel YouTube @GusIqdamOfficial melalui pendekatan etnografi virtual. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat keberhasilan personal branding “Dekengan Pusat” dalam aktivitas dakwah Gus Iqdam pada channel YouTube @GusIqdamOfficial. Dalam penelitian ini digunakan teori personal branding dari Peter Montoya. Adapun jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian analisis isi (Content Analysis), dengan menggunakan dua pendekatan penelitian, kualitatif deskriptif (pendekatan metodologis) dan etnografi virtual (pendekatan teoretis). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Dalam pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan proses perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan,dan triangulasi yang meliputi (triangulasi sumber dan waktu). Kemudian, pada teknik analisis data digunakan proses pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, pembuatan narasi atau deskripsi, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian hasil yang didapatkan, Gus Iqdam dalam membangun personal branding dengan slogan “Dekengan Pusat” berawal dari unsur ketidaksengajaan pada saat menerangkan fadilah salat sunnah Subuh secara tiba-tiba spontanitas keluar joke yang sekarang viral “Dekengan Pusat.” Atas keistiqamahan menyebarkan kebaikan serta penguatan citra menjadikan channel YouTube @GusIqdamOfficial mengalami perkembangan mulai dari beberapa peningkatan, yang dilihat dari jumlah penayangan dan jumlah like-nya yang terus mengalami peningkatan. Personal Branding Gus Iqdam dengan “Dekengan Pusat” sebagai metode dakwah masa kini, dianggap mampu menarik minat mad’u dengan melihat komentar, like, hingga jumlah subscribers pada channel YouTube @GusIqdamOfficial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNugraheni, Silvia OtiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dekengan Pusat, Personal Branding, Gus Iqdam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Mar 2025 01:54
Last Modified: 11 Mar 2025 01:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13910

Actions (login required)

View Item View Item