Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Produk Pembiayaan Musyarakah (Study Kasus di BMT Muamalat Mulia Kudus)

Rohmania, Layla Fitria (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Produk Pembiayaan Musyarakah (Study Kasus di BMT Muamalat Mulia Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (526kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (471kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (829kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (656kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (450kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (568kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor lokasi, faktor Promosi daan faktor Prinsip syari’ah terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan musyarakah pada BMT Muamalat Mulia Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang sudah memilih produk pembiayaan musyarakah di BMT Muamalat Mulia Kudus, yang berjumlah 316 nasabah. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 76 nasabah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Uji coba instrument/kuesioner dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas serta teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah, dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (9,244 > 1,666) dan nilai sig. (p=0,000) < 0,05. (2) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah, dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,594> 1,666) dan nilai sig. (p=0,011) < 0,05. (3) Prinsip Syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah, dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (8,884> 1,666) dan nilai sig. (p=0,000) < 0,05. (4) Besar pengaruh dari variabel Lokasi, Promosi dan Prinsip Syariah terhadap keputusan nasabah adalah sebesar 82,6%. Sedangkan sisanya (17,4,%) dapat dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMartini, TinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lokasi, Promosi, Prinsip Syariah, Keputusan Nasabah, BMT, Musyarakah
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Muamalat, Muamalah > Bank Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Apr 2025 08:28
Last Modified: 14 Apr 2025 08:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14119

Actions (login required)

View Item View Item