Pemanfaatan Instagram sebagai Media Dakwah bagi Mahasiswa Manajemen Dakwah IAIN Kudus

Fadhila, Nadya Rizki (2024) Pemanfaatan Instagram sebagai Media Dakwah bagi Mahasiswa Manajemen Dakwah IAIN Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (546kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (430kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)

Abstract

Pemanfaatan media sosial dalam kegiatan dakwah semakin penting mengingat perkembangan teknologi informasi yang pesat. Salah satu media sosial yang populer adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pemanfaatan instagram sebagai media dakwah bagi mahasiswa manajemen dakwah di IAIN Kudus, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat instagram sebagai media dakwah Mahasiswa Manajemen Dakwah IAIN Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan 12 mahasiswa Manajemen Dakwah yang terdiri dari 7 mahasiswa laki-laki dan 5 mahasiswa perempuan. Selanjutnya data yang diperoleh diolah menggunakan teknik analisis berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari pemanfaatan Instagram sebagai media dakwah bagi mahasiswa manajemen dakwah IAIN Kudus berupa gambar, dan caption di Instagram yang berisi tentang Motivasi islam, Kisah-kisah inspiratif dan Quotes dakwah, dengan memanfaatkan fitur-fitur di Instagram berupa fitur Instanstory, Sorotan, dan Feed. Sedangkan faktor pendukung yaitu keinginan untuk berbagi ilmu, memberikan motivasi kepada orang lain. Faktor penghambat keterbatasan waktu, akses jaringan internet, kesibukan di dunia nyata, dan kurangnya kepercayaan diri dari sebagian pengguna untuk menyebarkan dakwah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi dakwah yang lebih efektif melalui media sosial, khususnya Instagram, serta memberikan masukan bagi lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap potensi dakwah di era digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndriani, FarichaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Instagram, Media Dakwah, Mahasiswa
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Apr 2025 06:52
Last Modified: 15 Apr 2025 06:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14125

Actions (login required)

View Item View Item