Islamiyah, Fela Izzul (2024) Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Model Discovery Learning. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (783kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (810kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (788kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (625kB) |
Abstract
Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, diyakini salah satu faktor tersebut adalah self efficacy yang diartikan sebagai keyakinan seseorang terhadap kemampuan individualnya. Keyakinan tersebut dapat mendorong seseorang mampu memecahkan masalah yang dihadapi dalam kesulitan belajar. Penerapan model pembelajaran discovery learning memberikan pengaruh yang posistif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa pada model discovery learning, dan 2) hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar matematika siswa pada model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan metode pre-experimental Design dan menggunakan desain penelitiannya posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Darus Salam Jetak tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan siswa kelas VIII A dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, teknik pungumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data uji regresi linier sederhana dan uji korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) adanya pengaruh positif yang signifikan self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa pada model discovery learning, dan 2) adanya hubungan positif yang signifikan antara self efficacy dengan hasil belajar matematika siswa pada model discovery learning. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatnya self efficacymenciptakan hasil belajar matematika pada siswa juga mengalami peningkatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Self Efficacy, Hasil Belajar Matematika Siswa, Discovery Learning | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2025 08:06 | ||||||
Last Modified: | 04 Jun 2025 08:06 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |