STUDI ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAISIRUL KHALLAQ KARYA SYAIKH HAFIDH HASAN AL-MAS’UDI

Tri Mulyaning Tiyas, Riska (2016) STUDI ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAISIRUL KHALLAQ KARYA SYAIKH HAFIDH HASAN AL-MAS’UDI. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER,pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (513kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (736kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (230kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (321kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Taisirul Khallaq karya Syaikh Hafidh Hasan Al-Mas’udi (2) Untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai Kitab Taisirul Khallaq dengan pendidikan akhlak kontemporer Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan normatif dan otobiografi. Sumber data yang digunakan sumber data primer, sekunder. Proses pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang dalam Kitab Taisirul Khallaq karya Syaikh Hafidh Hasan Al-Mas’udi menurut hasil peneliti adalah sangat bagus,karena didalam kitab Taisirul Khallaq membahas tentang nilai akhlak kepada Allah SWT, nilai adab seorang guru, nilai adab seorang murid, nilai adab pergaulan, nilai adab hak kedua orang tua, nilai adab menghadiri masjid, nilai adab makan, nilai adab minum, nilai adab di dalam masjid, nilai adab budi luhur serta nilai adab keadilan. Hanya saja didalam kitab Taisirul Khollaq tidak menjelaskan pendidikan akhak tentang menghafal al-Qur’an dan pendidikan akhlak tentang alam semesta. (2) Relevansi pemikiran Syaikh Khafidh Hasan Al-Mas’udi dengan pendidikan akhlak kontemporer adalah sangat relevan, karena pada hakikatnya keduanya mempunyai tujuan yang sama yaitu agar bisa mencetak generasi muslim yang berkepribadian baik dan mulia, dan nilai pendidikan akhlak beliau dalam kitab Taisirul Kollaq Fi Ilmil Akhlaq bisa dijadikan sebuah referensi dalam pendidikan akhlaq kontemporer. Jadi konsep pengembangan ilmu pendidikan dan kehidupan sosial kemasyarakatan pendidikan akhlak kontemporer dapat dilihat dari pelaksanaan kurikulum 2013 dilembaga pendidikan. Didalamnya mengandung konsep penddiikan akhlak dengan metode pembiasaan, Dapat dilihat dari kompetensi dalam kurikulum 2013 yang tidak hanya mencantumkan aspek kognitif melainkan juga aspek spiritual dan afektif. penerapan kurtilas dalam proses pembelajaran mendorong setiap peserta didik agar bersikap kritis namun tetap memperhatikan etika terhadap pendidik dan peserta didik lainnya. Hal ini merupakan wujud dan pelaksanaan kompetensi inti dari kurikulum 2013.yang memproritaskan pendidikan kontemporer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak; Kitab Taisirul Khallaq; Hafidh Hasan Al-Mas’udi
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 06:58
Last Modified: 03 Dec 2016 06:58
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item