Salimah, Khoirus (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (444kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (669kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah studi penelitian kuantitatif, yang mencoba guna mengetahui adakah pengaruh dari strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Gebog. Dimana terdapat beberapa faktor itu sendiri yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran berdiferensiasi hadir dan mulai dicetuskan seiring adanya kebijakan baru mengenai Kurikulum Merdeka. Karena pada hakikatnya, setiap siswa itu memiliki karakteristik dan minat belajar nya masing-masing. Oleh karena itu, pembelajaran berdiferensiasi hadir untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa di kelas. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah sampel 70 siswa. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes berupa 25 soal, penyebaran angket, observasi, dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan teknik analisis uji hipotes memakai uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi (R Square) berbantuan aplikasi pengolah data SPSS 27.0 sehingga diperolehlah hasil penelitian sebagai berikut : 1) terdapat pengaruh dari strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Dan 2) Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi (X) ternyata juga mempengaruhi hasil belajar (Y) mata pelajaran PAI di kelas X sebesar 16,3 % sedangkan yang 83,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI itu sendiri. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwasanya strategi pembelajaran berdiferensiasi (X) berpengaruh positif terhadap hasil belajar PAI siswa (Y) dengan total presentase berpengaruh sebesar 16,3%. Pengaruh positif artinya semakin siap dan kreatif guru dalam mempersiapkan pembelajaran berdiferensiasi maka pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI juga akan semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, dan PAI | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:17 | ||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:17 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |